Arif Budi Setyanto
Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh, dalam sesi latihan persiapan Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sempat kecewa karena Elkan Baggott dan Sandy Walsh tak dilepas ke Piala AFF 2022. Pelatih KV Mechelen, Steven Defour pun mengungkapkan mengapa ia tak melepaskan sang pemain.

Shin Tae-yong sempat menyemprot klub Elkan Baggott dan Sandy Walsh karena tak melepaskan pemainnya. Ia beranggapan klub dari dua pemain abroad itu 'meremehkan' timnas Indonesia.

"Sepertinya saya melihat tim mereka memang anggap enteng Indonesia atau ringan atau apapun, harusnya mencari win win solusion sama-sama. Tapi itu yang tidak diberikan jawaban yang baik, jadi sangat disayangkan," kata Shin Tae-yong saat ditemui di sela latihan timnas di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/12/2022) sore.

Baca Juga:
Ambisius Bersaing di Empat Besar Liga Inggris, Jurgen Klopp Incar Sofyan Amrabat Merapat ke Anfield

Shin Tae-yong menceritakan negosiasi yang sempat dilakukannya dengan klub Elkan dan Sandy cukup positif. Ia sempat meminta agar Elkan Baggott dilepas saat timnas Indonesia bermain di semifinal.

Sementara untuk Sandy, pelatih 52 tahun itu mohon agar dilepas setelah kontra Kamboja pada 23 Desember mendatang. Tapi, Shin Tae-yong tidak mendapat jawaban yang bagus.

"Memang selama Timnas Indonesia U-20 U-20 di Eropa, saya memang langsung datang ke klubnya Sandy dan Elkan. Saat meeting waktu itu positif, memang walaupun tidak diberikan kepastian," jelasnya.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Terbaru BRI Liga 1 2022: David da Silva Lewati Matheus Pato

"Kalau yang saya minta Elkan bisa gabung, saya minta Elkan gabung ke timnas setelah babak penyisihan. Setelah itu Sandy juga setelah tanggal 23 (Desember) selesai biar bisa ikut pertandingan melawan Brunei Darussalam," imbuhnya.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersiap memimpin sesi latihan jelang Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Nah, belum lama ini pelatih KV Mechelen Steven Defour mengungkapkan alasannya tidak melepaskan Sandy Walsh ke skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Pelatih KV Mechelen itu menegaskan bahwa Piala AFF 2022 bukan agenda resmi FIFA. Hal itu membuat klub Liga Belgia ini tidak wajib melepaskan sang pemain.

Baca Juga:
Bukan Ibunya, Ternyata Sosok Wanita Ini yang Peluk Lionel Messi usai Juara Piala Dunia 2022

"Ini (Piala AFF) bukan turnamen resmi FIFA. Karena itu KV Mechelen tidak berkewajiban untuk melepaskan Sandy. Saya menjelaskan kepadanya bahwa kami sangat membutuhkannya sekarang," ucap Defour dikutip dari Walfoot, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut, Defour menegaskan bahwa awalnya Sandy Walsh sangat ingin membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Akan tetapi, karena klub membutuhkannya, maka ia hanya dilepas ketika TC saja.

"Dia (Sandy) sangat ingin pergi, jadi kami biarkan dia pergi ke Indonesia sebelum kami di Spanyol. Tapi hanya itu yang bisa saya berikan kepadanya. Kami tidak dalam situasi yang nyaman di mana kami bisa melepas pemain begitu saja. Sandy menyadari hal itu dan memahami keputusannya," pungkasnya.

Baca Juga:
Rumor Lionel Messi Perpanjang Kontrak di PSG usai Juara Piala Dunia 2022