Muhammad Ilham Baktora
Aksi pemain Timnas Indonesia Jordi Amat saat lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong puji habis-habisan penampilan debut bek tengahnya, Jordi Amat. Pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) ini membantu kemenangan skuad Garuda dari Kamboja di Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022).

"Saya puas dengan performa Jordi. Penampilan pertamanya sangat bagus. Kelasnya memang beda ya," puji Shin untuk mantan pemain Swansea City itu, Jumat.

Tak hanya Jordi Amat, peran pemain naturalisasi Ilija Spasojevic dan Marc Klok menunjukkan permainan yang bagus. Kontribusi mereka dinilai penting dalam memetik kemenangan perdana.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Loyo saat Lawan Kamboja

Meski memberikan pujian, ketiga pemain naturalisasi ini juga tak lepas dari kekurangan. Baginya, performa skuad Garuda sore tadi tak maksimal.

Hal itu dipicu faktor waktu bermain kompetitif yang tidak maksimal mengingat BRI Liga 1 2022/2023 terhenti karena tragedi Kanjuruhan, Malang. Selain itu, diakui Shin Tae-yong tak ada uji coba sebelum pertandingan memberikan dampak.

"Pemain sudah lama tidak merasakan pertandingan. Kami juga tidak memiliki pertandingan uji coba. Namun, saya masih ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain," kata pelatih 52 tahun ini.

Baca Juga:
Meski Petik Kemenangan Lawan Kamboja di Laga Perdana Piala AFF 2022, Timnas Indonesia justru Dihujat?, Ini Penyebabnya

Indonesia menuai hasil positif di laga perdananya menghadapi Kamboja di grup A Piala AFF 2022. Indonesia menang 2-1 atas Kamboja.

Dua gol skuad Garuda dibuat oleh Egy Maulana Vikri (7') dan Witan Sulaeman (35').

Hasil itu mengantarkan Indonesia ke puncak klasemen sementara Piala AFF 2022. Sementara rival abadi skuad Garuda, Thailand berada di peringkat tiga dengan sama-sama mengemas 3 poin.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF 2022: Menang Tipis, Timnas Indonesia Susah Payah Bungkam Kamboja 2-1