Rauhanda Riyantama
Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Gol.bolatimes.com - Jelang laga kedua grup A Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam, setidaknya ada tiga pemain Timnas Indonesia yang harus dicadangkan. Siapa saja mereka?

Usai melakoni laga perdana kontra Kamboja, Timnas Indonesia akan melanjutkan kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan bertandang ke markas Brunei Darussalam di laga kedua grup A, Senin (26/12).

Di laga kedua grup A ini, skuad arahan Shin Tae-yong akan bertanding di Malaysia, tepatnya di Stadion Kuala Lumpur yang jadi kandangnya di ajang ini.

Baca Juga:
Buang Peluang Emas Bobol Gawang Kamboja, Begini Pembelaan Egy Maulana Vikri

Melawan Brunei Darussalam di laga tandang, Timnas Indonesia pun berambisi meneruskan kiprah positifnya usai menang atas Kamboja di laga pertama, Jumat (23/12).

Kemenangan pun akan menjadi harga mati agar Timnas Indonesia bisa melanjutkan kiprahnya hingga ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Kebetulan, lawan skuad Garuda kali ini merupakan tim terlemah di grup A. Brunei Darussalam meraih predikat itu setelah mengalami dua kekalahan dengan skor besar di dua laga awal grup A Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Pukul Lawan, Pemain Myanmar Jadi yang Pertama Dapat Kartu Merah di Piala AFF 2022

Di dua laga awal grup A, Brunei Darussalam telah kebobolan 10 gol dan baru memasukkan satu gol saja, dengan rincian kalah 0-5 dari Thailand dan tumbang 1-5 dari Filipina.

Menghadapi tim lemah seperti Brunei, Timnas Indonesia pun tak perlu menurunkan para pemain utamanya dan melakukan rotasi.

Lantas, siapa saja tiga pemain yang perlu dicadangkan saat melawan Brunei Darussalam di laga kedua grup A Piala AFF 2022? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Perhatian Banget, Media Korea Selatan Soroti Kekurangan Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong

1. Witan Sulaeman

Dengan alasan rotasi, Shin Tae-yong perlu mengistirahatkan para pemain utamanya di laga kontra Brunei Darussalam. Salah satunya adalah Witan Sulaeman.

Pemain berusia 21 tahun ini tampil selama 82 menit di laga kontra Kamboja, dan membutuhkan waktu Recovery di tengah padatnya jadwal Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Pelatih Aston Villa Unai Emery Kecewa Berat dengan Emiliano Martinez, Meski Juarai Piala Dunia 2022

Di laga kontra Brunei nanti, Witan pun bisa dicadangkan terlebih dahulu agar fisiknya pulih di laga ketiga kontra Thailand yang bisa menjadi penentu langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

2. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi salah satu pemain yang tampil penuh di laga kontra Kamboja. Ia bermain selama 90 menit tanpa tergantikan oleh pemain lainnya.

Peran vital gelandang Persib Bandung ini sebagai pengatur serangan Timnas Indonesia pun membuatnya harus menjaga kebugaran agar siap bertarung di setiap laga.

Mengingat laga ketiga di grup A Piala AFF 2022 adalah melawan Thailand, Shin Tae-yong pun bisa mengistirahatkan Ricky Kambuaya secara penuh agar siap bertarung pada Kamis (29/12) nanti.

3. Jordi Amat

Di laga kontra Brunei Darussalam, ada baiknya Shin Tae-yong juga mengistirahatkan Jordi Amat dan memberikan posisinya kepada pemain lain.

Pasalnya, Jordi Amat tampil penuh di laga kontra Kamboja dan juga telah terkena kartu kuning, yang bisa saja membahayakan jika ia mendapat kartu tambahan di laga kontra Brunei.

Apalagi usia Jordi Amat tak lagi muda, yakni 30 tahun. Sehingga agar bisa tampil prima, ia membutuhkan waktu untuk pemulihan agar siap menghadapi Thailand di laga ketiga grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12).

Kontributor: Felix Indrajaya