Rauhanda Riyantama
Gelandang Timnas Maroko Hakim Ziyech di Piala Dunia 2022. (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Gol.bolatimes.com - Hakim Ziyech menjadi salah satu nama yang naik daun selama gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, sukses bawa Maroko ke semifinal padahal sebelumnya sempat nyatakan pensiun.

Kesuksesan Maroko mencapai semifinal Piala Dunia 2022 Qatar tak lepas dari performa impresif para pemainnya, termasuk salah satunya Hakim Ziyech.

Hakim Ziyech menjadi kunci tersendiri dari permainan ciamik Maroko racikan Walid Regragui sepanjang Piala Dunia 2022 berlangsung.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF 2022 Hari Ini: Brunei vs Timnas Indonesia, Thailand vs Filipina

Meski begitu, sejumlah fakta menarik mencuat mengenai sosok Hakim Ziyech yang ternyata sempat memutuskan ingin pensiun dari tim nasional.

Lantas apa saja fakta menarik perihal Ziyech? berikut informasi menarik seputar Hakim Ziyech, gelandang Marokoi milik Chelsea.

1. Debut Timnas

Baca Juga:
Lewat Media Malaysia, Iwan Bule Serukan Suporter Timnas Indonesia Penuhi Stadion saat Lawan Brunei

Ziyech merupakan pemain Maroko kelahiran Belanda, memiliki garis keturunan Afrika dari sang ibu yang berasal dari Maroko.

Kariernya di tim nasional sempat diberikan untuk timnas Belanda, namun keterampilan impresifnya seolah tak membuat De Oranje tak membutuhkan tenaganya.

Hingga pindah kewarganegaraan pun dipilih, Ziyech mulai bermain untuk Maroko sejak 2015 tepatnya pada 9 Oktober 2016 melawan Pantai Gading.

Baca Juga:
Jadwal Boxing Day Liga Inggris Malam Ini: Brentford vs Tottenham, Aston Villa vs Liverpool, hingga Arsenal vs West Ham

2. Pensiun Dini

Pada Februari 2022 lalu, Ziyech membuat heboh pendukung timnas negaranya usai memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Maroko.

Hal ini tak lepas dari perselisihannya dengan Vahdi Halildodzic yang merupakan mantan pelatih Maroko, yang mengkritik sikap sang pemain.

Baca Juga:
Respons Mengejutkan Shin Tae-yong usai Diminta Prediksi Timnas Indonesia Bisa Borong Berapa Gol Lawan Brunei

Selain menuduh Ziyech berpura-pura cedera, Vahid juga mencoret sang pemain dari skuad karena datang terlambat saat latihan dan enggan bermain saat cedera.

3. Comeback Manis

Usai pemecatan Vahid Halilhodzic, Maroko ditukangi Walid Regragui, Ziyech pun comeback manis ke timnas Maroko dan masuk ke skuad untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Keputusannya itu terbilang tepat, hasil manis didapat Ziyech yang sukses membawa Maroko mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022.

Torehan manis setelah lebih dari 15 bulan, diawali dengan laga melawan Chile pada 23 September 2022 lalu.

4. Gaji di Timnas

Aksi mulia menjadi keseharian yang dilakukan Ziyech, diketahui bahwa mantan pemain Ajax Amsterdam ini mendonasikan seluruh gajinya di timnas kepada yang membutuhkan.

Mulai dari klub sepak bola amatir, rumah sakit hingga yang lainnya, kehidupan Ziyech memang sangat sederhana dan tak pernah ragu mengeluarkan uang.

Saat kembali ke skuad Maroko, Ziyech selalu menyewa pesawat pribadi untuk menjemput rekan setimnya.

5. Semifinal Piala Dunia 2022

Fakta paling fenomenal Ziyech adalah membawa timnas Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022 Qatar, tak hanya itu.

Maroko sukses mengalahkan beberapa negara kuat sepak bola, mulai dari Jerman, Spanyol hingga Portugal dilibas tanpa ampun.

Sayangnya keberuntungan Singa Atlas hanya sampai di babak semifinal, bak kehabisan bensin Maroko kalah dari Prancis dengan skor 0-2.

Kontributor: Eko