Rauhanda Riyantama
Thierry Henry dan Dennis Bergkamp saat bermain di Arsenal. (ODD ANDERSEN / AFP)

Gol.bolatimes.com - Premier League 2022-2023 memasuki akhir tahun 2022, ciri khas jika sudah sampai titik ini adalah Boxing Day, laga Liga Inggris yang tetap digelar meski di hari libur Natal.

Boxing Day menjadi laga cukup menarik yang dihadirkan Liga Inggris, libur Natal tak membuat kompetisi sepak bola katas tertinggi Negeri Ratu Elizabeth berhenti.

Selain menyajikan duel-duel menarik, sejarah mencatat Boxing Day selalu menghadirkan pemain yang berhasil mencetak hattrick untuk kemenangan timnya.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Malaysia, Pelatih Vietnam Park Hang-seo justru Sindir Kondisi Stadionnya Sendiri

Lalu siapa saja pemain yang mampu menorehkan catatan impresif tersebut? berikut deretan bintang Premier League yang sukses mencetak hattrick di Boxing Day.

1. Thierry Henry

King Arsenal, Thierry Henry merupakan pemain lengkap di Premier League pada masanya, apalagi di era 2000-an.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF 2022 Hari Ini: Brunei vs Timnas Indonesia, Thailand vs Filipina

Termasuk ketika berlaga di Boxing Day, Henry berhasil mencetak tigagol saat Arsenal menggilas Leicester City dengan skor 6-1.

Tepatnya pada 26 Desember 2000, meskipun pada akhirnya gagal meraih gelar juara Premier League, sementara The Foxes tenggelam di dasar klasemen.

2. Kevin Phillips

Baca Juga:
Lewat Media Malaysia, Iwan Bule Serukan Suporter Timnas Indonesia Penuhi Stadion saat Lawan Brunei

Kevin Philips menjadi salah satu bintang Premier League di era 2000-an, meski bermain untuk klub medioker Sunderland.

Kevin merupakan mesin gol andalan, termasuk saat Boxing Day melawan Brentford pada 26 Desember 2000, ia mencetak tiga gol dalam kemenangan 4-1 atas tuan rumah.

3. Robbie Fowler

Baca Juga:
Jadwal Boxing Day Liga Inggris Malam Ini: Brentford vs Tottenham, Aston Villa vs Liverpool, hingga Arsenal vs West Ham

Keputusan hengkang dari Liverpool tak membuat Fowler kehilangan tajinya, Leeds United beruntung mendapatkan jasa sang pemain.

Tepatnya di 2001, tiga gol Fowler membawa Leeds United mengatasi perlawanan Bolton pada Boxing Day 2001.

4. Dimitar Berbatov

Duel Manchester United melawan Wigan Athletic di Boxing Day 26 Desember 2011 menjadi bukti ketangguhan eks striker Tottenham Hotspur, Dimitar Berbatov.

Berbatov sukses mencetak tiga gol dalam kemenangan telak Man United atas Wigan dengan skor 5-0, dua gol lain dicetak Park Ji-sung dan Antonio Valencia.

5. Gareth Bale

Bale masih jadi andalan Spurs pada 2012 lalu di Boxing Day, sekaligus membuktikan bagaimana kualitasnya sebagai mesin gol Lily White.

Torehan 3 gol dilesakkan Bale saat Spurs menggilas Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris, catatan itu membawa nama Bale sejajar dengan Mark Hughes, Gary Speed, Dean Saunders dan Robert Earnshaw.

6. Harry Kane

Spurs tak pernah kehabisan striker tajam, kemenangan atas Southampton dengan skor 5-1 pada Boxing Day 26 Desember 2017 jadi bukti tajamnya Harry Kane.

Torehan itu juga membawa Kane sukses mencetak 39 gol sekaligus melewati catatan Alan Shearer, selain itu menjadi hattrick keenam Kane di 2017.

Kontributor: Eko