Arif Budi Setyanto
Park Hang-seo serukan anak asuhnya gunakan sepatu besi saat jumpa Malaysia di Piala AFF 2022 (The Thao 247)

Gol.bolatimes.com - Pertandingan Vietnam vs Malaysia dalam lanjutan Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022) diwarnai kontroversi hingga berlangsung keras. Park Hang-seo pun memberikan respons.

Vietnam vs Malaysia berakhir dengan skor 3-0. Tim Golden Star Warriors menang berkat gol Nguyen Tien Linh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Hoang Duc.

Akan tetapi, laga ini disorot karena keputusan wasit yang dinilai kontroversial. Apalagi pertandingan berlangsung panas.

Baca Juga:
Pelatih Persib Bandung Butuh Bek Kiri, Pesaing Pratama Arhan di Timnas Indonesia Digosipkan Merapat

Misalnya permainan kasar ditunjukkan para penggawa Vietnam, namun keputusan wasit Sato Ryuji dinilai merugikan Malaysia.

Pemain Vietnam lolos dari hukuman kartu ketika Doan Van Hau melakukan sikutan kepada pemain Malaysia Azam Azmi di sekitar kotak penalti pada menit ke-13.

Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Keputusan kontroversial lainnya yang dinilai netizen Malaysia merugikan skuad Harimau Malaya terjadi di menit 62.

Baca Juga:
Jika Kalah dari Thailand, Ini Syarat Timnas Indonesia untuk bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Bek kanan mereka, Azam Azmi mendapat kartu merah langsung dari wasit. Meski ketika mengamankan bola Azam ditabrak secara sengaja dengan keras oleh pemain Vietnam.

Alih-alih menghukum pemain Vietnam, wasit malah mengusir Azam dan memberikan hadiah penalti bagi Vietnam.

Bicara terkait kontroversi dan pertandingan keras yang terjadi, Park Hang-seo meresponsnya dengan biasa saja karena laga ini menurutnya masih wajar.

Baca Juga:
3 Faktor yang Membuat Timnas Indonesia Bisa Bungkam Thailand di Grup A Piala AFF 2022

"Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan kontak (fisik). Dalam pertandingan ini para pemain bermain dengan sengit karena mereka bertekad untuk tim dan menang. Mereka mengikuti aturan sepak bola, jadi itu tidak bisa disebut pertandingan keras," ucap Park Hang-seo dikutip dari The Thao247, Rabu (28/12/2022).

Sementara itu, berkat kemenangan ini Vietnam berada di puncak klasemen grup B Piala AFF 2022. Sedangkan Malaysia ada di tempat kedua.

Baca Juga:
3 Pemain Thailand yang Tampil Mengesankan di Piala AFF 2022, Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia