Arif Budi Setyanto
Kim Pan-gon saat masih jadi petinggi Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA). [AFP]

Gol.bolatimes.com - Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon menyesali kontroversi yang terjadi ketika Harimau Malaya melawan Vietnam dalam lanjutan Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022).

Malaysia mengalami kekalahan 0-3 atas Vietnam dalam lanjutan Piala AFF 2022. Namun, di laga itu terjadi kontroversi yang merugikan Harimau Malaya.

Vietnam awalnya unggul lewat gol Nguyen Tien Linh di menit ke-28. Akan tetapi, Golden Star Warriors harus bermain 10 pemain pada menit ke-32 usai Nguyen Van Toan diusir usai mendapatkan dua kartu kuning.

Baca Juga:
6 Alasan Thailand Mampu Permalukan Indonesia di Kandangnya Sendiri, Ambisi Gelar Juara Salah Satunya

Malaysia yang unggul pemain berhasil menekan Vietnam. Sayangnya Safawi Rasid cs gagal menyamakan kedudukan hingga babak pertama selesai.

Petaka datang untuk Malaysia di paruh kedua. Sekitar menit 60-an terjadi kontroversi yang membuahkan penalti bagi Golden Star Warriors serta kartu merah bagi Azam Azmi.

Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Que Ngoc Hai berhasil mengeksekusi tendangan penalti dan membawa Vietnam unggul 2-0. Pada akhirnya ketika sama-sama bermain 10 pemain, anak asuh Park Hang-seo bisa menang 3-0 setelah Nguyen Hoang Duc mencetak gol terakhir.

Baca Juga:
Thailand Diunggulkan dari Indonesia di Piala AFF, Momen Ini jadi Sinyal Gajah Perang harus Waspada di Kandang Garuda

Timnya mendapatkan kerugian, Kim Pan-gon menegaskan sejatinya Harimau Malaya bisa saja meraih kemenangan. Akan tetapi, semua itu buyar akibat keputusan kontroversial wasit.

"Kita memiliki peluang untuk memenangi pertandingan malam ini, tapi ada insiden yang terjadi dan saya perlu membuat analisa kembali untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi," ucap Kim Pan-gon dikutip dari Harimau Malaya, Rabu (28/12/2022).

"Insiden tersebut menyulitkan kami dalam usaha pemain untuk menyamakan kedudukan, jadi saya tidak ada komentar tentang pemain saya," imbuhnya.

Baca Juga:
Pecah Telur di Piala AFF 2022, Ilija Spasojevic Berambisi Cetak Gol Lagi

Adapun usai hasil ini Vietnam berhasil mengkudeta Malaysia dari posisi puncak klasemen sementara grup B Piala AFF 2022.