Husna Rahmayunita
Kapten Timnas Vietnam, Que Ngoc Hai.(VN Express)

Gol.bolatimes.com - Bek tengah Timnas Vietnam Que Ngoc Hai memuji Malaysia usai laga Grup B Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022) malam. Ia mengakui rival sempat menyulitkan timnya.

Pertandingan Vietnam vs Malaysia digelar di Stadion My Dinh. Tuan rumah menang dengan skor 3-0 berkat gol Nguyen Tien Linh, tendangan Que Ngoc Hai dari titik putih dan sepakan Nguyen Hoang Duc.

Duel tersebut juga diwarnai dua kartu merah dan keputusan wasit yang dinilai kontroversial. Hingga akhirnya, tensi panas masih terasa usai laga.

Que Ngoc Hai mengaku Vietnam memulai pertandingan dengan sulit lantaran Malaysia menunjukkan permainan yang bagus. Baginya, skuad Harimau Malaya kini berkembang.

"Malaysia bermain bagus di menit-menit pertama. Mereka menyebabkan banyak kesulitan bagi Vietnam. Malaysia berbeda dari sebelumnya, ada kemajuan besar," ujarnya dikutip dari Bongdaplus.vn.

Menurut Que Ngoc Hai, titik balik Vietnam terjadi ketika Nguyen Tien Linh memecah kebuntuan pada menit ke-28 yang menjadi gol pembuka bagi skuad The Golden Star Warriors.

"Vietnam menghadapi banyak kesulitan, tetapi situasi itu membantu kami menghilangkan tekanan dan menampilkan permainan yang lebih halus dan koheren. Sulit, tetapi Vietnam telah mengatasinya. Kami akan terus bekerja keas mencapai tujuan kami," tambahnya.

Sementara terkait wasit yang memberikan kartu merah ke pemain Malaysia, Que Ngoc Hai beranggapan keputusan tersebut tepat.

"Benturan dalam sepak bola normal. Namun, tidak ada situasi yang terlalu berbahaya dan masuk kategori kekerasan. Kedua tim memang mesti menghormati keputusan wasit," pungkasnya.

Kekinian, Vietnam memimpin klasemen Grup B dengan koleksi enam poin dibuntuti Malaysia yang bertengger di urutan kedua dengan raihan poin sama.