Rauhanda Riyantama
Pemain Malaysia memprotes wasit asal Jepang Sato Ryuji saat menghadapi Vietnam di Grup B Piala AFF 2022. [Twitter@Nazahahisyam]

Gol.bolatimes.com - Komentar pedas dan nyinyir diberikan oleh netizen Malaysia usai tim nasional kesayangannya takluk dari Vietnam lewat penalti kontroversial yang diberikan wasit di laga ketiga grup B Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 memainkan laga ketiga grup B yang mempertemukan Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh, Selasa (27/12) kemarin malam WIB.

Dalam laga ini, tim berjuluk Harimau Malaya tersebut harus menerima kekalahan dari tuan rumah dengan skor cukup telak, yakni 0-3.

Baca Juga:
Santuy, Hendra/Ahsan Tak Pasang Target Muluk-muluk Hadapi Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Adapun tiga gol Vietnam di laga tersebut dicetak oleh Nguyen Tien Linh di menit ke-28, Que Ngoc Hai di menit ke-64, dan Nguyen Hoang Duc di menit ke-83.

Di antara tiga gol tersebut, terdapat sebuah gol kontroversial yang dicetak oleh Vietnam, yakni gol penalti yang dilesakkan Que Ngoc Hai.

Wasit laga Vietnam vs Malaysia tengah jadi sorotan karena berikan keputusan kontroversial. (Twitter)

Penalti ini diberikan oleh wasit Ryuji Sato yang memimpin pertandingan setelah bek Malaysia, Azam Azmi, dianggap melanggar Doan Van Hau.

Baca Juga:
Momen Keputusan Kontroversial Wasit yang Beri Hadiah Penalti saat Laga Vietnam vs Malaysia

Keputusan wasit ini dianggap kontroversial karena Azam Azmi terlihat melakukan pelanggaran di luar kotak penalti, atau lebih tepatnya di luar lapangan saat keduanya sama-sama terjatuh pasca berduel.

Setelah duel perebutan bola di kotak 16 Malaysia itu, wasit sejatinya sempat melanjutkan laga. Namun Ryuji Sato tiba-tiba menghentikan pertandingan dan berdiskusi dengan asisten wasit yang berujung penalti dan kartu merah untuk Azam Azmi.

Sontak keputusan kontroversial ini kemudian membuat netizen Malaysia geram. Nyinyiran dan komentar pedas pun diberikan kepada wasit asal Jepang tersebut.

Baca Juga:
Anggap Duel Lawan Thailand Bak Final, Shin Tae-yong Singgung Mental Pemain Timnas Indonesia

Hal ini terlihat di media sosial Twitter, di mana barisan netizen Malaysia memberikan komentar pedas nan nyelekit yang ditujukan kepada Ryuji Sato.

- Dianggap Lebih Buruk dari Wasit Lokal Malaysia

“This Japanese referee is worse than our local referee,” kicau akun @honestF1opinion di akun Twitter FA_Malaysia.

Baca Juga:
Siap Tempur, Jordi Amat Ungkap 'Modal Bagus' Timnas Indonesia Lawan Thailand

- Dianggap Untungkan Vietnam sejak Lama

“Its always the japanese reffs...ingat tak match 2021 wc qualifier tu..malaysia vs vietnam, last minute vietnam dapat penalti. Padahal takde sentuhan pun,” kicau akun @quayuh.

- Minta FA Malaysia Protes ke AFF dan FIFA

“The referee is a joke. FAM should made a formal complaint to AFF & FIFA to investigate further,” kicau akun @SamChiang89.

Protes-protes keras ini juga hadir di media sosial Instagram. Bahkan, netizen Malaysia juga mengolok-olok Ryuji Sato.

Terlepas dari komentar pedas yang diberikan netizen Malaysia, kekalahan ini membuat posisi Harimau Malaya pun terjepit.

Sebab, kekalahan dari Vietnam ini membuat Malaysia harus tertahan di peringkat kedua klasemen sementara grup B Piala AFF 2022 dengan poin enam dalam tiga pertandingan.

Raihan poin ini sama dengan Vietnam di posisi pertama dan Singapura di posisi ketiga yang sama-sama baru memainkan dua pertandingan.

Sehingga, posisi Malaysia bisa saja tergusur dan berpotensi tak lolos ke babak selanjutnya andai Singapura mampu meraih kemenangan di dua laga grup B selanjutnya.

Kontributor: Felix Indrajaya