Arif Budi Setyanto
Suporter timnas Indonesia di laga lawan Brunei Darussalam. (Twitter/@PSSI)

Gol.bolatimes.com - Suporter timnas Indonesia mendapatkan pujian selangit dari media Malaysia. Hal itu lantaran kegigihan ketika mendukung skuad Garuda di manapun bermain.

Timnas Indonesia baru saja meraih kemenangan atas Brunei Darussalam dengan skor telak 7-0 dalam lanjutan Piala AFF 2022, Senin (26/12/2022). Laga itu digelar di Malaysia yang menjadi homebase tim Tebuan.

Meski bertajuk laga tandang, siapa sangka atmosfer Stadion Kuala Lumpur menjadi Merah Putih. Pasalnya ribuan suporter timnas Indonesia datang mendukung.

Baca Juga:
Keputusan Wasit Ryuji Sato yang Bikin Netizen Malaysia Geram, Tak Cuma di Piala AFF 2022

"Di bali kemenangan itu (lawan Brunei), salah satu faktornya adalah dukungan suporter yang setia ada di belakang pemain meski beraksi di luar Indonesia. Separuh stadion yang berkapasitas 18 ribu tersebut dipenuhi oleh lautan Merah Putih," tulis laporan Harimau Malaya disadur pada Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut, media Malaysia itu menggambarkan antusias suporter timnas Indonesia yang sudah memadati stadion tiga jam sebelum pertandingan dimulai.

Laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022. (dok.theaseanfootball)

Banyaknya suporter timnas Indonesia di Stadion Kuala Lumpur membuat media Malaysia menyebutkan venue tersebut bak laga kandang timnas Indonesia.

Baca Juga:
Insiden Penalti 'Hantu' pada Laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022, Begini Tanggapan Eks Wasit FIFA

Melihat situasi itu, media Malaysia memberikan pujian untuk suporter skuad Garuda. Mereka menyebut semangat fan timnas Indonesia patut dijadikan contoh.

"Semangat seperti ini yang wajar untuk dijadikan contoh pendukung sepak bola, bukan di Malaysia saja, tapi dari seluruh Asia Tenggara," imbuh laporan Harimau Malaya.

Adapun timnas Indonesia sendiri masih bakal berjuang di Piala AFF 2022. Selanjutnya skuad asuhan Shin Tae-yong bakal menghadapi Thailand, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga:
Kontroversi Keputusan Wasit di Laga Lawan Malaysia, Que Ngoc Hai Pasang Badan Bela Vietnam