Gagah Radhitya Widiaseno
Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata terjatuh usai ditekel pemain Thailand pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Gol.bolatimes.com - Hansamu Yama pernah menjadi pahlawan di gelaran Piala AFF sebelum dirinya jadi bahan cibiran publik karena 'tendangan ke bulan'.

Bek Persija Jakarta tersebut membuat publik keheran karena aksi 'tendangan ke bulan' yang dilakukan pada saat Timnas Indonesia berjumpa dengan Brunei Darussalam.

Skuad Garuda bertemu dengan Brunei Darussalam di matchday kedua grup A Piala AFF 2022. Pada kala itu, Timnas Indonesia menang dengan skor telak 7-0.

Baca Juga:
Deretan Momen Mirip Hansamu Yama yang Gagal Cetak Gol, Cristiano Ronaldo Pernah Lakukan Juga Lho

Ketujuh gol tersebut dicetak masing-masing lewat Syarian Abimanyu (20'), Dendy Sulistyawan (41'), Egy Maulana Vikri (69'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2').

Dari pesta gol tersebut, ternyata ada momen yang membuat publik keheranan. Yups, momen dimana Hansamu Yama gagal mencetak gol.

Berawal dari umpan silang yang dilakukan oleh bek sayap Asnawi Mangkualam, Hansamu gagal menceploskan bola ke dalam gawang Brunei. Padahal saat itu ia berdiri bebas di mulut gawang tanpa penjagaan.

Baca Juga:
Keputusan Wasit Ryuji Sato yang Bikin Netizen Malaysia Geram, Tak Cuma di Piala AFF 2022

Akan tetapi, sambaran yang dilakukan oleh Hansamu justru melambung tinggi di atas gawang Brunei.

Bek Timnas Indonesia tersebut pun langsung menjadi bahan cibiran netizen di media sosial.

Meski menjadi bahan cibiran, ternyata Hansamu Yama pernah menjadi pahlawan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Insiden Penalti 'Hantu' pada Laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022, Begini Tanggapan Eks Wasit FIFA

Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata duel udara dengan Pemain Thailand, Sirod Chatthong pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Hal ini terjadi pada saat Timnas Indonesia bersua dengan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor.

Hansamu membuat kubu Vietnam lemas dengan sundulannya pada menit ke-7. Gol itu menjadi jalan kemenangan skuad asuhan Alfred Riedl. Vietnam menyamakan skor pada menit ke-17 lewat penalti Nguyen Van Quyet. Boaz Solossa lalu menjadi penentu kemenangan, juga lewat titik 12 pada menit ke-50.

Tak sampai disitu saja, Hansamu pun menjadi pahlawan sekali lagi di leg pertama final melawan Thailand.

Bek Persija Jakarta tersebut menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia lewat gol di menit ke-70. Skuad Garuda pun menang atas Thailand dengan skor 2-1.