Irwan Febri Rialdi
Vietnam tampil perkasa saat melumat Malaysia 3-0 dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022. (Twitter/@staronline)

Gol.bolatimes.com - Timnas Malaysia menjadi salah satu kontestan di Piala AFF 2022 yang paling merana. Berbagai masalah membelit klub berjulukan Harimau Malaya ini, mulai dari kehilangan pemain andalan hingga dikerjai wasit.

Yang terbaru, nasib Timnas Malaysia berada di ujung tanduk setelah mereka ditumbangkan oleh Vietnam pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (27/12/2022) itu, Malaysia digasak tim tuan rumah tiga gol tanpa balas.

Tiga gol skuad asuhan Park Hang-seo pada pertandingan ini dicetak oleh Nguyen Tien Linh (28’), Que Ngoc Hai (64’), dan Nguyen Hoang Duc (83’).

Kekalahan skuad berjulukan Harimau Malaya ini memang terhitung menyakitkan. Pasalnya, mereka merasa dirugikan dengan sejumlah keputusan wasit Ryuji Sato pada laga ini.

Kontroversi pertama pada laga ini ialah pelanggaran yang dilakukan oleh Doan Van Hau kepada pemain Timnas Malaysia, Azam Azmi.

Saat hendak mengejar bola, Azam Azmi ditabrak Doan Van Hau hingga terpental. Momen ini tepatnya terjadi ketika laga menginjak menit ke-16.

Meskipun dari tayangan ulang terlihat bahwa Doan Van Hau melakukan kekerasan dalam momen ini, wasit tetap saja tak mengambil keputusan apa pun.

Selain itu, wasit Ryuji Sato juga memberikan penalti kontroversial kepada Vietnam saat Azam Azmi dan Doan Van Hau sama-sama mengejar bola.

Pada peristiwa ini, Ryuji Sato menjatuhkan hukuman penalti untuk Malaysia karena menilai bahwa Azam Azmi telah menyikut dan menendang fullback kiri Vietnam tersebut.

Padahal, sebelum melakukan aksinya tersebut, Azam Azmi lebih dahulu dihantam oleh Doan Van Hau hingga terjatuh membentur papan iklan di luar lapangan.

Namun, nyatanya wasit justru mengusir Azam Azmi dan juga Doan Van Hau sekaligus memberikan hukuman penalti yang akhirnya sukses dieksekusi oleh Que Ngoc Hai.

Kekalahan ini tentu membuat nasib Timnas Malaysia berada di ujung tanduk. Meskipun demikian, mereka memang masih berada di urutan kedua klasemen dengan koleksi enam poin dari tiga laga.

Artinya, nasib kelolosan anak asuh Kim Pan-gon ke fase semifinal masih akan ditentukan via laga pamungkas kontra Singapura di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selasa (3/1/2013).

Sebelum peristiwa buruk ini terjadi, mereka juga harus kehilangan sejumlah  nama pemain yang menolak panggilan negara.

Menurut salah satu jurnalis Malaysia, T Avineshwaran, terdapat 12 nama pemain yang menolak untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya di Piala AFF 2022.

Beberapa nama pemain yang disebut oleh Avineshwaran memang dikenal sebagai pemain-pemain berkualitas yang sudah menjadi langganan timnas Malaysia di level internasional.

“Pemain-pemain seperti Shahrul Saad, Arif Aiman, Corbin Ong, Nazmi Faiz, Akhyar Rashid, Matt Davies, Syafiq Ahmad, Afiq Fazail, Syahmi Safari, Hong Wan, Natxo Insa dan Azam Azih tidak dapat bergabung karena masalah pribadi, komitmen keluarga dan masalah cedera,” cuit Avineshwaran.

Kontributor: M Faiz Alfarizie