Muhammad Ilham Baktora
Wasit Ryuji Sato memberi kartu merah kepada Azam Azmi saat Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh, Selasa (27/12/2022). (Twitter/@Nnhi7702)

Gol.bolatimes.com -
Kekalahan Timnas Malaysia dari Vietnam menjadi pukulan telak bagi skuad Harimau Malaya. Bukan tanpa alasan hadiah penalti dari Ryuji Sato ke Vietnam dianggap kontroversial.

Vietnam berhasil menundukkan tim tamu dengan skor 3-0 saat bertanding di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (27/12/2022). Tiga gol The Golden Star dicetak oleh, Nguyen Tien Linh (28'), Que Ngoc Hai (64') lewat tendangan penalti dan Nguyen Hoang Duc (83').

Dalam pertandingan tersebut muncul kontroversi penalti yang diberikan wasit Ryuji Sato. Pasalnya pelanggaran yang dilakukan pemain Malaysia Azam Azmi sudah terjadi di luar lapangan permainan.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Grup A Piala AFF 2022 Jelang Big Match Timnas Indonesia vs Thailand

Hal itu juga dijelaskan oleh Wasit FIFA asal Malaysia, Subkhiddin Mohd Salleh. Menurut wasit yang memiliki lisensi FIFA tahun 2000 ini mengatakan harusnya Ryuji Sato memberikan tendangan bebas untuk Malaysia.

"Sesuai aturan, jika terjadi insiden di luar lapangan dan bola masih dalam permainan, wasit harusnya menghentikan pertandingan sejenak dan memulai kembali dengan memberikan tendangan bebas tidak langsung. Atau jika terjadi insiden di daerah dekat garis batas gawang atau tepi garis gawang baru tendangan penalti yang diberikan," ungkap dia dikutip dari Thevibes.com, Kamis (29/12/2022).

Ia juga membeberkan bagaimana insiden itu terjadi. Dari tayangan video, menurut Salleh, pemain Vietnam, Doan Van Hau terlebih dulu melakukan tekel kepada Azam Azmi. Hal itulah mengapa dirinya melihat bahwa tendangan bebas yang harusnya didapat oleh Malaysia, bukan penalti kepada Vietnam.

Baca Juga:
Akrab Hadapi Timnas Indonesia, Striker Legendaris Thailand Kenang Angkernya Stadion Utama Gelora Bung Karno

"Pemain Vietnam terlihat melakukan tekel terhadap pemain Malaysia, seharusnya dia [Van Huan] yang disalahkan terlebih dahulu karena bola masih dalam permainan. Jadi menurut saya, wasit harusnya memberikan tendangan bebas langsung kepada Malaysia," ujar dia.

Memang dalam aturan FIFA di pasal 12 dan 13 serta 14, wasit bisa memberikan penalti. Pelanggaran sendiri terjadi dan dilakukan di area penalti atau luar lapangan.

Baca Juga:
Tak Cuma Striker yang Harus Cetak Gol, Shin Tae-yong Tuntut Pemainnya Tampil Maksimal Lawan Thailand