Husna Rahmayunita
Marc Klok. (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Gelandang Tiimnas Indonesia Marc Klok menyebut performa skuadnya sejatinya lebih baik saat ditahan imbang Thailand di lanjutan Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (29/12/2022).

Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 1-1. Marc Klok menjadi penyelamat Skuad Garuda setelah membuka keunggulan dari titik penalti.

"Saya pikir, hari ini kami lebih baik dan lebih kuat," ujar Klok selepas pertandingan.

Menurut pemain naturalisasi itu, Timnas Indonesia juga unggul dalam agresivitas dari Thailand. Bagi Klok, hal itu menunjukkan hal positif.

Dia menyebut, Thailand sejatinya tidak nyaman lagi bermain di Indonesia. Selain karena dukungan suporter yang meriah, kualitas timnas Indonesia juga menunjukkan perkembangan dari beberapa tahun sebelumnya.

"Jadi saya percaya Indonesia masih berpeluang menjuarai Piala AFF ini," kata Klok.

Sejatinya, apa yang disampaikan Klok cukup beralasan. Berdasarkan statistik resmi Piala AFF 2022, meski kalah dari penguasaan bola, Indonesia lebih superior dibandingkan Thailand khususnya dalam hal serangan.

Sepanjang pertandingan, Indonesia membuat total delapan percobaan ke gawang Thailand dengan tiga di antaranya tepat sasaran.

Pada saat yang sama, Thailand cuma menciptakan lima tembakan dengan hanya satu yang menemui target. Adapun Thailand berlaga dengan 10 pemain sejak menit ke-62 lantaran Sanrawat Dechmitr dikartu merah.

Mengenai alasan kenapa Indonesia tidak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menang, Klok menyebut itu karena kurangnya konsentrasi.

"Ada momen kami letih sehingga kehilangan fokus dan akurasi," tutur dia.

Tim nasional Indonesia ditahan imbang 1-1 oleh Thailand pada laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Gol Indonesia pada pertandingan itu dilesakkan oleh Marc Klok dari titik penalti, sementara Thailand membalas melalui Sarach Yooyen.

Hasil tersebut membuat Indonesia tetap berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

(Antara)