Arif Budi Setyanto
Selebrasi gelandang Timnas Thailand, Sarach Yooyen, usai menjebol gawang Timnas Indonesia. (Facebook/Changsuek)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Thailand, Mano Polking menyebutkan faktor yang membuat anak asuhnya bisa menahan imbang timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Thailand sejatinya menghadapi situasi sulit ketika bertandang ke markas timnas Indonesia. Tim Gajah Perang tidak dengan skuad terbaiknya.

Akan tetapi, Theerathon Bunmathan cs mampu mendominasi penguasaan bola. Di sisi lain, timnas Indonesia bermain rapat.

Baca Juga:
Kabar Duka, Legenda Brasil Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Nah, anak asuh Shin Tae-yong lantas mendapat keuntungan karena diberikan hadiah penalti. Marc Klok yang menjadi eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan baik.

Thailand sendiri kemudian semakin terpojok. Hal itu karena salah satu pemainnya diusir dari lapangan karena mendapatkan kartu merah.

Bermain 10 pemain menghadapi timnas Indonesia, ternyata tidak membuat Thailand gentar. Nyatanya di posisi yang tertinggal dan kalah jumlah pemain, Changsuek malah bisa menyamakan kedudukan.

Baca Juga:
Momen Keputusan Kontroversial Wasit yang Beri Hadiah Penalti saat Laga Vietnam vs Malaysia

Adalah Sarach Yooyen yang mencetak gol penyeimbang bagi Thailand. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1, sehingga dua tim harus berbagi poin.

Setelah pertandingan, Mano Polking mengungkapkan rahasinya Thailand bisa tidak kalah melawan timnas Indonesia, walau kalah jumlah pemain.

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Suphanan Bureerat (kiri) dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom).

"Ini adalah pertandingan hebat. Semua pemain yang turun di laga ini dengan situasi tertinggal satu gol dan mendapat kartu merah, tapi kami masih berjuang," ucap Polking dikutip dari Thairath pada Jumat (30/12/2022).

Baca Juga:
Pertandingan Panas Lawan Malaysia, Bek Vietnam Terang-terangan Puji Harimau Malaya

"Ini adalah semangat tim yang hebat. Semua orang berjuang sampai akhir dan mendapatkan satu poin dari permainan yang sulit," imbuhnya.

Pelatih berdarah Brasil-Jerman ini menambahkan bahwa Thailand sempat kesulitan kala tertinggal satu gol dan pemainnya di kartu merah.

"Kami kebobolan di awal babak kedua dan kartu merah seharusnya tidak terjadi. Situasinya membuat kami semakin sulit. Tapi pada akhirnya kami saling membantu dengan sangat baik berjuang sampai mendapatkan poin," ujarnya.

Baca Juga:
Buntut Penalti Kontroversial di Laga Vietnam vs Malaysia, Wasit Ryuji Sato Digeruduk Netizen

Berkat hasil imbang ini, Thailand masih bertengger di puncak klasemen grup A Piala AFF 2022. Meski poinnya sama dengan timnas Indonesia, tim Gajah Perang unggul dalam jumlah selisih gol.