Irwan Febri Rialdi
Uji coba Vietnam vs Filipina. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Piala AFF 2022 masih berlangsung di fase penyisihan grup, tapi beberapa tim peserta sudah dipastikan tersingkir dari kompetisi antar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Seperti yang diketahui, ada 10 peserta yang ikut mentas di Piala AFF 2022. Para peserta ini dibagi ke dalam dua grup, A dan B, yang masing-masing dihuni 5 tim.

Nah, setiap tim akan memperebutkan masing-masing dua tiket ke semifinal Piala AFF 2022 dari masing-masing grup. Hingga saat ini, persaingan untuk lolos ke babak selanjutnya masih ketat.

Namun, ada juga beberapa negara yang dipastikan angkat koper lebih awal. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Filipina

Tim berjuluk The Azkals ini menjadi negara peserta terbaru yang dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022. Dari 3 laga yang dijalani, Filipina baru meraih 3 poin.

Filipina masih akan melakoni laga terakhir di Grup A melawan Timnas Indonesia, Senin (2/1/2023), tapi hasil dari pertandingan ini tak akan berpengaruh apapun buat Filipina.

Pasalnya, perolehan poin maksimal Filipina hanya akan terkumpul 6 poin dan tak mungkin mengejar masuk ke posisi dua besar Grup A.

2. Brunei Darussalam

Sebagai tim yang baru kembali mentas di Piala AFF sejak 1996, Brunei Darussalam hancur lebih dan babak belur di Piala AFF 2022.

Dari empat pertandingan di Grup A, Brunei selalu menelan kekalahan. Tak cuma itu, mereka juga kerap menjadi lumbung gol buat lawan-lawannnya.

Total dari empat pertandingan, gawang Brunei Darussalam dibobol sebanyak 22 kali dan mereka cuma mampu melesakkan dua gol.

3. Laos

Di Grup B, ada Laos yang dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022. Pada laga terakhir melawan Myanmar, Jumat (30/12), Laos bermain imbang 2-2.

Hasil ini membuat Laos cuma menjadi juru kunci Grup B dengan perolehan 1 poin dari 4 pertandingan. Mereka juga kebobolan 15 kali dan cuma mencetak 2 gol.

4. Myanmar

Sama seperti Laos, Myanmar juga dipastikan menjadi tim yang tak lolos ke semifinal dari Grup. Myanmar juga sama-sama baru mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan.

Hasil apapun yang didapatkan oleh Myanmar di laga terakhir melawan Vietnam, Selasa (3/1/2023), tidak akan berpengaruh apapun buat Myanmar.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha