Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pematin Timnas Indonesia sebaiknyadicadangkan ketika menghadapi Filipina pada pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF 2022.

Setidaknya, terdapat tiga nama pemain yang harus diparkir oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ketika berduel melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023).

Memang ada alasan yang beragam untuk mencadangkan pemain-pemain ini. Dua di antaranya memang karena tampil buruk pada laga kontra Thailand.

Kedua pemain ini dianggap gagal memenuhi ekspektasi. Sebab, performanya di atas lapangan masih jauh dari harapan.

Sementara itu, satu nama pemain lainnya juga layak untuk dibangkucadangkan. Alasannya memang berbeda, karena untuk menjaga kebugaran pemain tersebut.

Pada duel melawan Thailand lalu, ia berhasil memberikan kemampuan terbaiknya ketika dipercaya Shin Tae-yong untuk turun sebagai starter.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain Timnas Indonesia yang sebaiknya dicadangkan saat menghadapi Filipina pada laga pamungkas Grup A.

1. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana dalam pertandingan melawan Thailand. (Facebook/PSSI)

Egy Maulana Vikri menjadi salah satu pemain yang patut dibangkucadangkan oleh Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia bertandang ke markas Filipina.

Pasalnya, Egy Maulana Vikri mencatatkan penampilan yang buruk pada laga kontra Thailand. Dalam beberapa momen, Egy sering melakukan kesalahan dan kehilangan bola.

Hal inilah yang membuat alur serangan skuad Garuda tak berjalan lancar. Oleh karena itu, pemain yang berstatus tanpa klub ini layak untuk diistirahatkan sementara oleh Timnas Indonesia.

2. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman dan Sarach Yooyen. (Facebook/Changsuek)

Sama seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman adalah salah satu pemain yang performanya jauh dari kata maksimal ketika berjumpa Thailand.

Pasalnya, Witan sudah terlalu sering membuang-buang peluang. Bahkan, saat gawang sudah kosong dan tanpa penjagaan, Witan juga tak bisa menceploskan bola untuk mencetak gol.

Sejauh ini, Witan menjadi pemain paling banyak mencetak tembakan ke gawang, tetapi hanya ada satu gol yang bisa dicetak oleh pemain AS Trencin ini.

Pada laga berikutnya, Shin Tae-yong perlu memarkir Witan untuk memberikan kesempatan kepada pemain lainnya.

3. Rachmat Irianto

Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Jika dua nama sebelumnya harus duduk di bangku cadangan karena tampil buruk, maka Rachmat Irianto adalah pemain yang harus dicadangkan karena tampil impresif.

Pemain Persib Bandung ini berhasil menampilkan performa ciamik ketika berduet dengan Marc Klok di lini tengah Timnas Indonesia.

Rian tampaknya berhak untuk beristirahat. Sebab, Shin Tae-yong membutuhkan tenaga penuhnya saat menghadapi laga semifinal Piala AFF 2022.

Oleh karena itu, jika Rian punya waktu istirahat yang banyak, maka ia bisa berkontribusi lebih pada laga-laga krusial, termasuk ketika skuad Garuda menghadapi fase gugur.

Kontributor: M Faiz Alfarizie