Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Malaysia, Brendan Gan. (Dok. FA Malaysia)

Gol.bolatimes.com - Kejutan Brendan Gan kembali memperkuat timnas Malaysia di Piala AFF 2022 setelah divonis mengidap kanker testis di tahun lalu, perjuangannya tak sia-sia.

Kim Pan-gon sempat mengejutkan publik Malaysia usai memasukkan nama Brendan Gan ke dalam skuad Harimau Malaya untuk Piala AFF 2022.

Bukan tanpa alasan penunjukkan itu mengejutkan, mengingat di tahun lalu Brendan Gan resmi divonis menderita penyakit serius, kanker testis.

Namun kini Brendan Gan diambang kesempatan membawa Malaysia melaju ke semifinal Piala AFF 2022 dengan memastikan kemenangan atas Singapura di matchday terakhir fase grup.

Brendan Gan berada di skuad Malaysia yang tergabung dalam Grup B Piala AFF 2022 bersama Vietnam, Singapura, Myanmar dan Laos.

Malaysia mengoleksi enam poin, satu angka di bawah Singapura dan Vietnam yang secara berurutan berada di atas skuad Harimau Malaya.

Di laga melawan Singapura nanti, Brendan berkesempatan mendapatkan jatah bermain dari Kim Pan-gon seperti laga-laga sebelumnya.

Meski belum mencetak gol, kontribusi Brendan selalu diberikan hingga laga penuh berakhir, dan hal ini tak lepas dari perjuangannya melawan kanker.

Tahun lalu Brendan divonis menderita kanker testis, hal itu membuatnya melewatkan sejumlah pertandingan penting yang dijalani Malaysia.

Bahkan kecemasan atas ancaman tak lagi bisa membela timnas Malaysia seiring kariernya sebagai pesepak bola terhenti karena penyakit tersebut.

Namun hal itu tak mebuat Brendan menyerah, ia tetap berjuang menjalani perawatan mengalahkan penyakit yang membuatnya divonis memiliki waktu hidup yang tersisa selama enam bulan saja.

"Dokter mengatalkan kepada saya bahwa saya hanya memiliki enam bulan untuk hidup," ucap Brendan Gan seperti dikutip dari Stadium Astro.

"Itu sangat memengaruhi saya karena saya telah melalui pasang surut sepanjang karier saya. Saya telah melatih pikiran dan mental saya.

"Agar kuat untuk menghadapi tantangan apa pun dalam hidup ini." imbuhnya.

Kesabaran dan ketekunan Brendan berbuah manis, dukungan dari keluarga termasuk sang istri, Elyse Gan juga sangat berpengaruh pada kesembuhan sang pemain.

Hingga pada akhirnya mampu comeback membela timnas Malaysia dan masuk ke dalam skuad asuhan Kim Pan-gon di Piala AFF 2022.

Profil Brendan Gan

Nama Lengkap: Brendan Seng Ling Gan
Tanggal lahir / Umur: 3 Jun 1988 (34)
Tempat kelahiran: Sutherland Shire, Australia
Kewarganegaraan: Malaysia
Tinggi: 1,78 m
Posisi: Gel. Tengah
Pemain Interasional saat ini: Malaysia
Jumlah penampilan / Gol: 21 / 1

Karier Klub

2008 (Shuterland - Sydney FC)
2011 (Sydney FC - B. White Eagles)
2011 (B. White Eagles - Sabah)
2013 (Sabah - Ilinden)
2013 (Ilinden - Kelantan FC)
2017 (Kelantan FC - nganggur)
2017 (nganggur - Perak FC)
2019 (Perak FC - Selangor FC)

Kontributor: Eko