Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy memberikan instruksi kepada pemainnya saat melawan Timnas Thailand pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Timnas Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor 0-3. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wpa.

Gol.bolatimes.com - Mengulik kisah Simon McMenemy, pelatih yang sempat dipecat Timnas Indonesia dan kini melanjutkan kariernya di Kamboja.

Nama Simon McMenemy lama tak terdengar setelah terakhir kali menukangi Timnas Indonesia dan dipecat oleh PSSI karena rentetan hasil buruk.

Pelatih berusia 45 tahun itu sempat menukangi skuad Garuda, yakni sejak 20 Desember 2018, menggantikan Bima Sakti.

Saat itu, pelatih berpaspor Skotlandia itu menerima kontrak berdurasi dua tahun dari federasi sepak bola Indonesia, PSSI, hingga akhir tahun 2020.

Dalam kontrak dua tahun tersebut, McMenemy ditugaskan untuk menukangi Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF 2020.

Namun perjalanan McMenemy bersama Timnas Indonesia tak berakhir indah. Tak sampai setahun kemudian, ia dipecat oleh PSSI setelah mendapat rentetan hasil buruk.

Pemecatan ini terjadi setelah laga grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia di Kuala Lumpur, 19 November 2019 lalu.

Usai dipecat, McMenemy pun hampir tak terdengar kabarnya kembali, meski menerima tawaran menjadi Direktur Teknik klub Liga 1, Bhayangkara FC pada 2021.

Namun jabatan Direktur Teknik seakan membuat McMenemy gatal untuk melanjutkan kiprahnya di negara lainnya, sehingga ia memilih bergabung tim papan atas Kamboja, Visakha FC.

Bergabung Visakha FC

Kabar bergabungnya Simon McMenemy ke Visakha FC diketahui dari unggahan klub papan atas Kamboja tersebut di media sosial Instagram.

Dalam unggahannya melalui fitur Reels Instagram itu, Simon McMenemy mengungkapkan ketidak sabarannya untuk bertemu klub barunya itu.

Bergabungnya McMenemy ke Visakha FC merupakan sebuah kejutan. Diketahui, klub tersebut merupakan klub terbesar di Kamboja.

Saking punya nama besar, Visakha FC bahkan bisa tampil di Piala AFC 2022, di mana tim ini berhasil membuat juara Liga 1 2021/2022, Bali United bertekuk lutut.

Saat itu, Visakha FC sendiri bertemu Bali United di fase grup G. Di laga ini, Laskar Serdadu Tridatu dibuat menyerah dengan skor 2-5.

Tak ayal terpilihnya Simon McMenemy yang bergabung Visakha FC menuai reaksi beragam, terutama dari para penikmat sepak bola Indonesia.

Terlepas dari hal tersebut, bergabungnya McMenemy ke Visakha FC pun seperti melanjutkan petualangannya di sepak bola Asia Tenggara.

Tercatat, Visakha FC akan menjadi klub ke-6 nya di Asia Tenggara sejak pertama kali tiba untuk menukangi Timnas Filipina pada 2010 lalu.

McMenemy sendiri diketahui pernah menukangi Long An FC (Vietnam), Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, Bhayangkara FC (Indonesia), dan Loyola FC (Filipina).

Kontributor: Felix Indrajaya