Irwan Febri Rialdi
Pemain AC Milan, Ghana Sulley Muntari (kanan) mengadang pemain Inter Milan, Antonio Cassano saat laga Serie A di Stadion San Siro (24/2/2013) (AFP)

Gol.bolatimes.com - Sederet pemain top dunia tercatat pernah bermain di Liga Arab Saudi, terbaru ada Cristiano Ronaldo yang resmi bergabung dengan klub Al Nassr.

Kabar ini dipastikan secara resmi oleh pihak klub melalui akun media sosial mereka pada Sabtu (31/12/2022) dini hari WIB. Kabar ini langsung menyedot perhatian.

Terlihat foto Cristiano Ronaldo yang memegang jersey Al Nassr bernomor punggung tujuh sembari memamerkan senyuman. Sambutan pun diberikan oleh klub.

"Sejarah tercipta. Ini adalah rekrutan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk meraih sukses yang lebih besar tapi menginspirasi liga kami, negara kami, dan generasi masa depan, anak-anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Selamat datang Cristiano di rumah barumu," bunyi pernyataan Al Nassr di media sosial.

Sebelum Ronaldo benar-benar mentas bersama Al Nassr, sederet pemain bintang juga saat ini sedang bermain atau sudah lebih dulu pernah bermain di Liga Arab. Berikut ulasannya!

1. Ever Banega

Ever Banega saat ini tercatat masih menjadi pemain Al Shabab. Ia diboyong dari Sevilla pada tahun 2020 lalu dan langsung ditunjuk sebagai kapten Al Shabab.

Banega yang sudah meraih berbagai gelar bersama Boca Juniors, Valencia, hingga Sevilla, masih tampil menjanjikan meski usianya kini sudah 34 tahun.

Selama kurun waktu 2,5 musim terakhir bersama Al Shabab, Ever Banega sudah melakoni 66 laga lintas ajang dengan torehan 16 gol dan 17 assist.

2. Sebastian Giovinco

Eks pemain Juventus ini juga tercatat pernah berkarier di Liga Arab Saudi bersama Al-Hilal. Ia datang pada 30 Januari 2019 dari klub MLS, Toronto FC.

Bersama Al-Hilal, karier Giovinco terbilang cukup gemilang. Meski cuma mencatatkan 16 gol dan 19 assist selama 2,5 musim, ia berhasil membawa Al-Hilal meraih berbagai gelar.

Di antaranya adalah dua gelar Liga Arab, satu kali King Cup, dan menjadi kampiun Liga Champions Asia 2019. Setelah dari Al-Hilal, Giovinco sempat bergabung dengan Sampdoria, tapi kini ia tercatat tak memiliki klub.

3. David Ospina

Eks pemain Arsenal dan Napoli ini bakal menjadi rekan satu tim Ronaldo di Al Nassr. Kiper berusia 34 tahun tersebut pindah ke Al Nassr pada musim 2022/23.

Sejauh musim ini berjalan, Ospina sudah bermain 9 kali di Liga Arab Saudi dengan mencatatkan 5 clean sheet dan baru kebobolan 5 kali.

4. Odion Ighalo

Ighalo yang pernah bikin heboh karena bergabung dengan Manchester United pada Januari 2020 usai bermain di Shanghai Shenhua, juga kini bermain di Liga Arab.

Dia lebih dulu bermain untuk Al Shabab pada 2021 dengan mencatatkan 21 gol dari 31 laga di liga. Lalu di musim 2022 ia pindah ke Al Hilal dan berhasil membawa Al Hilal menjadi juara dengan catatan 12 gol dari 13 laga. Ighalo juga meraih gelar juara pada ajang King's Cup.

5. Sulley Muntari

Pemain yang pernah membela AC Milan dan Inter Milan ini juga tercatat sempat bermain di Liga Arab Saudi. Ia bergabung dengan Al Ittihad dari AC milan pada 2015.

Muntari menghabiskan dua tahun karier di Arab Saudi dengan hanya mencatatkan 2 gol dari 18 pertandingan di liga. Setelah itu, kariernya mulai meredup hingga kini terdampar bermain di Liga Ghana bersama klub Hearts of Oak.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha