Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Gol.bolatimes.com - Pihak AFF membuat preview jelang pertandingan antara timnas Indonesia melawan Filipina yang akan digelar pada Senin (2/1/2023) di Stadion Rizal Memorial.

Dalam laporan affmitsubishielectriccup.com timnas Indonesia memang lebih dijagokan ketimbang Filipina. Sebab, anak asuh Shin Tae-yong bermain impresif di tiga pertandingan menghadapi Kamboja, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Dari tiga pertandingan itu, tim Merah Putih meraup tujuh poin dengan mencetak 10 gol dan hanya dua kali kebobolan. Timnas Indonesia pun berada di posisi kedua klasemen sementara grup A Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Profil Al Nassr, Klub Kaya Raya Arab Saudi yang Sukses Datangkan Cristiano Ronaldo

Nasib Filipina sendiri bak langit dan bumi dibandingkan dengan timnas Indonesia. Pasalnya The Azkals dipastikan gagal lolos grup karena baru meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan.

Artinya menghadapi timnas Indonesia, Filipina bisa bermain tanpa beban. Sedangkan skuad Garuda setidaknya hanya meraih hasil imbang jika ingin lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Walau lebih diunggulkan karena sejarah rekor pertemuan dengan kemenangan 19 kali, empat kali imbang, dan sekali kalah dalam 24 pertandingan, timnas Indonesia ternyata punya kerugian melawan Filipina.

Baca Juga:
4 Pemain yang Cetak Dua Gol Bunuh Diri dalam Satu Laga di Liga Inggris, Terbaru Wout Faes

Satu kerugiannya adalah Filipina punya persiapan lebih lama ketimbang timnas Indonesia. Artinya fisik anak asuh Josep Ferre bisa dibilang lebih bugar.

Filipina hajar Brunei Darussalam 5-1 di fase grup Piala AFF 2022. (Twitter/@theaseanball)

"Filipina memiliki waktu satu minggu penuh untuk mempersiapkan diri setelah pertandingan sebelumnya melawan Thailand. Dibandingkan dengan tim tamu hanya beristirahat empat hari," tulis laporan pihak AFF.

"Keunggulan fisik ada di posisi tuan rumah (Filipina), tapi jelas ada yang lebih banyak dipertaruhkan di sini untuk Indonesia sebagai penentuan di fase grup," tulisnya.

Baca Juga:
Tak Tertarik Ikuti Jejak Ronaldo ke Klub Arab Saudi, Luis Suarez Pilih Gabung ke Klub Brasil

Adapun saat ini timnas Indonesia bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi tujuh poin. Nah, poin yang dikumpulkan skuad Garuda sama dengan Thailand, tapi masih kalah dalam hal selisih gol.