Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Richarlison usai cetak gol saat Brasil kalahkan Korea Selatan 4-1 di 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 rupanya mencuri perhatian dari bintang asal Brasil, Richarlison.

Pada pertandingan yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2023) itu, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1.

Gol-gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan. Nah, Richarlison membagikan momen dirinya menonton pertandingan Timnas Indonesia di unggahan Instagram story-nya.

Pemain milik Tottenham Hotspur itu membagikan momen ketika Marselino mencetak gol kedua Timnas Indonesia. Besar kemungkinan, Richarlison tertarik dengan selebrasi gol Marselino itu.

Marselino yang berselebrasi dengan menampilkan goyang merpati, menyiratkannya dengan komentar berupa emoji merpati di akun Instagram PSSI.

Selebrasi ala burung ini memang sempat viral saat dilakukan oleh Richarlison di Piala Dunia 2022. Richarlison menyebut selebrasi yang diberi nama tarian merpati itu berasal dari grup pop bernama Os Perseguidores.

Lantas, siapa sebetulnya Richarlison? Berikut ulasan profilnya!

Profil Richarlison

Sosok dengan nama lengkap Richarlison de Andrade ini merupakan pesepak bola kelahiran Nova Venecia, Brasil, pada 10 Mei 1997.

Richarlison berasal dari keluarga yang tidak mampu. Demi meraih mimpi sebagai pesepakbola profesional, ia rela menumpang di rumah pamannya karena paling dekat dengan lokasi latihan.

Mimpinya untuk jadi pesepakbola profesional dimulai ketika membela tim utama America Mineiro pada 2015. Dua tahun di sana, ia pindah ke Fluminense.

Tampil menjanjikan dengan torehan 19 gol dari 67 laga, Richarlison diboyong Watford pada musim 2017/18. Cuma semusim di Liga Inggris, Richarlison langsung mencuri perhatian.

Alhasil, Everton rela merogoh kocek hingga 35 juta poundsterling untuk mendapatkan jasanya pada 2018. Total ia menghabiskan empat musim di Goodison Park dengan catatan 53 gol dari 152 laga.

Petualangan Richarlison berlanjut dengan bergabung ke Tottenham Hotspur pada Juli 2022. Namun, ia cukup kesulitan karena belum mencetak gol di Liga Inggris.

Di level timnas, Richarlison menjalani debutnya untuk Brasil pada September 2018. Sejauh ini, ia sudah mengantongi 42 caps dengan 20 gol dan mempersembahkan gelar Copa America 2019.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha