Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Gol.bolatimes.com - Media Vietnam menyoroti potensi pertemuan anak asuh Park Hang-seo melawan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. Mereka pesimis karena Golden Star Warriors punya rekor pertemuan yang buruk.

Timnas Indonesia kini sudah menyegel satu tiket ke semifinal Piala AFF 2022 dengan status runner up grup A. Nantinya skuad Garuda akan menghadapi juara di grup B.

Vietnam menjadi tim yang berpeluang finis sebagai pemuncak grup B. Sebab, anak asuh Park Hang-seo bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir.

Baca Juga:
Atletico Madrid bakal Pinjamkan Joao Felix, Klub-klub Ini saling Berebut

Selain itu, dua tim lain yang punya peluang lolos, yakni Malaysia serta Singapura akan saling bertarung. Hal itu membuat Vietnam favorit untuk menjadi pemuncak tangga klasemen grup B Piala AFF 2022.

Jika situasi seperti itu, maka Vietnam akan menghadapi timnas Indonesia. Akan tetapi, media mereka pesimis anak asuh Park Hang-seo bisa menumbangkan tim yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Vietnam vs Indonesia: tim Vietnam belum pernah menang melawan Indonesia lagi di Piala AFF," tulis judul Thanh Nien disadur pada Selasa (3/1/2023).

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool Hancur Lebur Dihajar Brentford 1-3

Vietnam tampil perkasa saat melumat Malaysia 3-0 dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022. (Twitter)

Disebutkan terakhir kali Vietnam berhasil meraih kemenangan atas timnas Indonesia adalah di Piala AFF 1996. Kala itu Golden Star Warriors mengalahkan skuad Garuda dengan skor 3-2.

Setelah itu, rekor pertemuan tidak pernah berpihak kepada Vietnam. Dimulai dari Piala AFF 2002, Golden Star Warriors meraih kekalahan tiga kali dan ditahan imbang sebanyak empat kali.

Padahal jika di pertemuan lain seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Vietnam sukses mendominasi timnas Indonesia dengan skor 3-1 dan 4-0.

Baca Juga:
Liverpool Dibantai Brentford, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Kendati begitu, tim Merah Putih menjadi lawan yang alot bagi Vietnam di Piala AFF. Terakhir kali pertemuan kedua tim ini terjadi di edisi 2020.

Vietnam yang lebih diunggulkan dengan deretan pemain bintang gagal menang karena ditahan imbang 0-0 oleh anak asuh Shin Tae-yong.

Kini kedua tim berpotensi kembali bertemu di semifinal Piala AFF 2022. Apakah timnas Indonesia bisa memperpanjang catatannya atau Vietnam yang bisa memutus rekor buruk melawan skuad Garuda.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Arsenal dan Manchester United Main