Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Thailand, Teerasil Dangda. (Dok. Changsuek)

Gol.bolatimes.com - Berikut daftar top skor Piala AFF 2022 per Selasa (3/1/2023). Bomber Timnas Thailand, Teerasil Dangda berhasil menjauh dan berpeluang besar meraih gelar pencetak gol terbanyak turnamen.

Piala AFF 2022 tengah bergulir dan mulai memasuki babak akhir grup. Tercatat, grup A telah menemukan dua wakil yang akan melaju ke semifinal, yakni Thailand dan Timnas Indonesia.

Sedangkan dari grup B, tiga tim masih akan bertarung untuk memperebutkan dua tiket tersisa ke semifinal, yakni Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

Baca Juga:
Skenario Timnas Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal Piala AFF 2022

Sejak digelar pada 20 Desember 2022 lalu, ajang dua tahunan ini telah menggelar 18 pertandingan terhitung hingga Selasa (3/1) sore WIB.

Dari 18 pertandingan yang telah digelar, total sudah ada 71 gol atau rata-rata ada 3,9 gol yang tercipta di setiap pertandingannya.

Catatan ini seakan membuktikan bahwa setiap tim yang berpartisipasi punya pemain-pemain dengan kemampuan mencetak gol yang tinggi.

Baca Juga:
Usai Cedera saat Lawan Filipina di Piala AFF 2022, Nadeo Argawinata Sudah Kembali Berlatih

Bahkan, sederet pemain mampu mencetak banyak gol sehingga mampu bersaing di daftar top skor atau pencetak gol terbanyak Piala AFF 2022.

Untuk top skor sementara Piala AFF 2022 sejauh ini masih dipegang oleh penyerang gaek Thailand, yakni Teerasil Dangda.

Pemain berusia 34 tahun ini mampu mencetak lima gol dalam empat pertandingan yang dimainkannya bersama tim berjuluk Gajah Perang itu.

Baca Juga:
Kalahkan Timnas Indonesia dalam Persaingan Juara Grup, Kapten Thailand Sampaikan Pesan Congkak

Lima gol tersebut pun dicetaknya masing-masing ke gawang Brunei Darussalam (1 gol), Filipina (2 gol), dan Kamboja (1 gol).

Karena lima gol ini pula, eks penyerang Manchester City dan dan Almeria ini makin mengukuhkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Piala AFF.

Berkat lima golnya di Piala AFF 2022 sejauh ini, Teerasil Dangda telah mencetak total 24 gol di ajang dua tahunan ini.

Baca Juga:
Link Live Streaming Vietnam vs Myanmar di Piala AFF 2022, Laga Hidup Mati

Terlepas dari catatan Teerasil Dangda ini, penggawa Timnas Indonesia belum ada yang mampu mengejar torehan rivalnya itu di daftar top skor sementara Piala AFF 2022.

Tercatat hanya ada dua penggawa Timnas Indonesia dengan sumbangan lebih dari satu gol di ajang ini, yakni Egy Maulana Vikri, Marc Klok, dan Dendi Sulistyawan dengan dua gol.

Dua gol yang dicetak ketiga pemain itu masih kalah dengan pemain-pemain lainnya yang bahkan mampu mencetak lebih dari dua gol.

Berikut daftar top skor Piala AFF 2022 per Selasa (3/1) sore WIB.

5 Gol: Teerasil Dangda (Thailand)
3 Gol: Maung Maung Lwin (Myanmar), Sebastian Rasmussen (Filipina), Faisal Halim (Malaysia), Kenshiro Daniels (Filipina)
2 Gol: Dendi Sulistyawan (Indonesia), Egy Maulana Vikri (Indonesia), Marc Klok (Indonesia) Nguyen Tien Linh (Vietnam), Shawal Anuar (Singapura),  Lim Pisoth (Kamboja), Reung Bungheing (Kamboja), Peeradon Chamratsamee (Thailand).

Kontributor: Felix Indrajaya