Arif Budi Setyanto
Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

Gol.bolatimes.com - Bek kanan andalan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam terpilih masuk nominasi sebagai pemain bertahan terbaik di fase grup Piala AFF 2022. Mengejutkannya dalam daftar itu malah tidak ada nama Jordi Amat.

Timnas Indonesia sudah mengunci satu tiket ke semifinal Piala AFF 2022. Skuad Garuda lolos sebagai runner up grup A, cuma kalah selisih gol dari Thailand.

Anak asuh Shin Tae-yong cukup baik di fase grup dengan meraih tiga kemenangan serta sekali imbang. Asnawi Mangkualam pun masuk ke dalam nominasi bek terbaik di fase grup.

Baca Juga:
Absen Lawan Filipina, Jordi Amat Serukan Siap Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Menukil dari laporan situs affmitsubishielectriccup.com, Asnawi disebut sebagai talenta luar biasa yang mengisi posisi bek kanan timnas Indonesia.

Pemain yang berkarier di Ansan Greeners ini masuk nominasi karena sering membantu serangan serta melepaskan akuratnya. Bahkan eks PSM Makassar itu yang membuat timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti kala melawan Thailand.

Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

"Kecepatan lati dan tembakan Asnawi berujung penalti Indonesia saat melawan Thailand. Penampilannya sangat energik dan terus menimbulkan malapetakan untuk lini belakang lawan," tulis affmitsubishielectriccup.com.

Baca Juga:
Debut bareng Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Jordi Amat Disebut bakal Sandang Status 'Pangeran' dari Kerajaan Ini

Dalam nominasi ini, Asnawi Mangkualam bersaing dengan Doan Van Hau (Vietnam), Irfan Fandi (Singapura), Sasalah Haiprakhon (Thailand), dan Sharul Nazeem (Malaysia).

Menariknya tidak ada nama Jordi Amat dalam daftar nominasi bek terbaik di fase grup. Sebab, pemain keturunan ini tampil impresif bersama timnas Indonesia.

Akan tetapi, Shin Tae-yong memang menurunkannya cuma dalam dua pertandingan ketika menghadapi Kamboja dan Thailand.

Baca Juga:
Hadapi Indonesia di Piala AFF, Pelatih Filipina: Mereka Tetap Sulit Ditembus meski Tanpa Jordi Amat

Pasalnya ketika timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam, Jordi diistirahatkan. Kemudian ketika melawan Filipina, bek berusia 30 tahun ini harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Adapun timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Laga ini akan digelar dua leg pada 6 Januari di Stadion Utama Gelora Bung Karno serta 9 Januari di markas Golden Star Warriors.

Baca Juga:
Piala AFF 2022: Berasal dari Spanyol, Pelatih Filipina Buka Suara soal Jordi Amat di Timnas Indonesia