Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Timnas Vietnam di Piala AFF 2022. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Timnas Vietnam merasa lega menjelang duel melawan Timnas Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Sebab, FIFA dikabarkan bakal turun tangan untuk membantu soal keamanan.

Kabar tersebut disampaikan media Vietnam, The Thao 247. FIFA bersama Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) disebut bakal mengawasi pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

"Dengan demikian, leg pertama semifinal antara Vietnam dan Indonesia akan memiliki 2 pengawas pertandingan. Ini belum pernah terjadi dan menjadi preseden untuk Piala AFF," tulis The Thao 247 dikutip pada Kamis (5/1/2023).

Logo FIFA. [OZAN KOSE / AFP]

Kehadiran FIFA dan AFC di pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam dipicu aksi kekerasan yang dilakukan suporter tim Garuda ketika menjamu Thailand dalam laga ketiga Grup A beberapa waktu lalu.

Sejumlah suporter Timnas Indonesia diketahui melakukan serangan dan pengerusakan terhadap bus Thailand yang tengah dalam perjalanan menuju SUGBK.

Perilaku negatif suporter Timnas Indonesia itu pun jadi sorotan mengingat pada awal Oktober 2022, sepak bola Tanah Air dirundung duka mendalam di mana setidaknhya 135 orang tewas dalam insiden yang dinamai Tragedi Kanjuruhan.

Bus Timnas Thailand diserang (@TL_Central)

Media Vietnam pun merasa senang dengan kehadiran FIFA dan AFC ketika tim nasional mereka bertandang ke markas Timnas Indonesia. PSSI diyakini bakal meningkatkan keamanan untuk tim lawan agar insiden kontra Thailand tak lagi terjadi.

"Hingga saat ini Vietnam dapat merasa tenang ketika FIFA meminta PSSI memperketat keamanan dan keselamatan pertandingan," demikian The Thao 247.

"Selain itu, FIFA juga akan mengirimkan staf berpengalaman ke Indonesia untuk memantau pertandingan melawan Vietnam. Konfederasi Sepakbola Asia juga akan mengirimkan petugas keamanan yang bertugas."