Husna Rahmayunita
Daley Blind gabung Bayern Munich. (Dok. Bayern Munich)

Gol.bolatimes.com - Transfer mengejutkan datang dari Bayern Munchen. Raksasa asal Jerman itu resmi mengontrak bek veteran asal Belanda, Daley Blind.

Bayern Munchen berhasil mendapatkan tanda tangan Blind dengan status bebas transfer. Kepindahannya pun sudah diresmikan usai pemain menjalani tes medis pada Kamis (5/1/2023).

Blind sendiri berstatus bebas agen usai ia dan Ajax Amsterdam sepakat mengakhiri kontrak enam bulan lebih cepat pada Desember lalu.

Meski usianya kini sudah 32 tahun, Blind masih dianggap sebagai salah satu bek mumpuni. Sebetulnya, ia juga masih jadi andalan Ajax musim ini dengan mencatatkan 19 penampilan.

Hadirnya Daley Blind di skuad Bayern akan difungsikan sebagai pelapis Alphonso Davies di sektor bek kiri. Blind juga sebetulnya bisa diposisikan di bek tengah.

Lantas, siapa sebetulnya Daley Blind ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Daley Blind

Daley Blind merupakan pesepakbola kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 9 Maret 1990. Ia sudah membela Ajax sejak tim junior pada 1998 hingga 2008.

Bind juga merupakan putra dari legenda Ajax dan timnas Belanda, Danny Blind. Maka tak heran jika Daley Blind punya ikatan kuat dengan Ajax.

Ia bergabung dengan akademi Ajax ketika masih berumur 8 tahun, dan sekarang ia telah bermain 333 kali untuk Ajax dalam dua periode.

Setelah periode pertamanya di Ajax, Blind sempat menjalani karier di Liga Inggris bersama Manchester United selama empat tahun mulai dari 2014 hingga 2018.

Di Old Trafford, Blind meraih gelar Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa dari 141 penampilan. Ia kembali ke Ajax di musim 2018.

Bersama Ajax Amsterdam, Blind banyak meraih gelar baik klub maupun individu. Ia 7 kali juara Liga Belanda, 2 kali juara KNVB Cup, dan 2 kali juara Johan Cruijff Shield.

Jika ada klub lain yang pernah dibela oleh Blind selain Ajax dan MU, maka itu adalah Groningen. Ia dipinjamkan ke sana selama musim 2009/10 dengan catatan 19 penampilan.

Di level tim nasional, Blind melakoni debutnya pada 2013. Kini, ia sudah bermain 99 kali untuk Timnas Belanda dan masuk ke dalam skuad untuk Piala Dunia 2022.

Dalam perjalanan kariernya, Daley Blind sempat mendapatkan fase yang sulit. Pada 2019 ia mengalami peradangan otot jantung sehingga harus dipasangi alat bantu defibrilator kardioverter implan subkutan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha