Arif Budi Setyanto
Doan Van Hau tendang kaki Ricky Kambuaya yang harusnya berbuah penalti untuk timnas Indonesia. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Komentator internasional Piala AFF 2022 menyoroti keputusan wasit di laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam semifinal leg pertama pada Jumat (6/1/2023). Sebab, pengadil lapangan dianggap menguntungkan skuad Golden Star Warriors.

Pertandingan timnas Indonesia vs Vietnam berakhir imbang dengan skor 0-0. Skuad Garuda sejatinya lebih punya banyak peluang untuk mencetak gol.

Sayangnya tim asuhan Shin Tae-yong masih belum bisa memanfaatkan dengan baik. Kendati begitu tim Merah Putih tampil impresif walau ditahan Vietnam.

Baca Juga:
Chelsea Tumbang Lawan Manchester City, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Nah, dalam laga ini pemain Vietnam yang bernama Doan Van Hau juga menjadi sorotan. Ada beberapa insiden yang melibatkan pemain 23 tahun ini, tapi keputusan wasit kontroversial.

Pertama Doan Van Hau memberikan tekel keras terhadap Dendy Sulistyawan. Pemain Vietnam itu menekel dengan dua kaki, tapi tidak dihukum dengan kartu sama sekali.

Selain itu, momen yang menjadi sorotan terjadi di menit-menit akhir. Kala itu Ricky Kambuaya dan Doan Van Hau berebut bola di kotak penalti Golden Star Warriors.

Baca Juga:
Muncul Isu BRI Liga 1 Tanpa Degradasi, Nasib Liga 2 dan Liga 3 di Ujung Tanduk?

Ricky Kambuaya sejatinya berhasil menyentuh bola lebih dulu. Akan tetapi, kaki pemain Persib Bandung itu ditendang oleh Doan Van Hau.

Kedua pemain tersebut mengerang kesakitan. Kendati begitu, insiden ini dianggap bisa menjadi penalti bagi timnas Indonesia.

Hal itu diutarakan oleh komentator internasional Piala AFF. Sebab, Doan Van Hau dianggap melakukan pelanggaran karena menendang kaki Kambuaya.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Riyad Mahrez Cetak Gol, Manchester City Pecundangi Chelsea

"Itu seharusnya penalti. Kita melihatnya sekarang. Harusnya penalti kan?" ucap komentator ketika melihat tayangan ulang momen Kambuaya vs Van Hau.

"Van Hau lag-lagi bisa lolos (dari kartu/pelanggaran)," ketidakpercayaan komentator terkait keputusan wasit.

Baca Juga:
3 Klub BRI Liga 1 yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Marko Simic

Sementara itu, akibat hasil imbang ini timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama punya peluang untuk lolos ke babak final. Nantinya semifinal leg kedua Piala AFF 2022 akan digelar, Senin (9/1/2023) di Stadion My Dinh.