Muhammad Ilham Baktora
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Hasil imbang 0-0, antara Indonesia vs Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2022 membuat skuad Garuda berusaha lebih keras saat melanjutkan pertandingan di leg II. Bukan tanpa sebab, bermain di laga tandang akan menjadi keuntungan bagi Vietnam selaku tuan rumah di Stadion My Dinh, Senin (9/1/2023).

Meski begitu, Indonesia memiliki peluang besar untuk bisa lolos ke final usai menang di leg II semifinal Piala AFF 2022 dengan mencetak gol.

Ada sejumlah pemain yang mampu mencetak gol di pertandingan selanjutnya. Berikut enam pemain yang menjadi andalan cetak gol penentu kemenangan Indonesia saat bersua Vietnam di leg II semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala AFF 2022 Hari Ini: Big Match Malaysia vs Thailand

1. Egy Maulana Vikri

Meski dirinya tak dimainkan pada leg I semifinal Piala AFF 2022 oleh Shin Tae-yong. Egy Maulana Vikri memiliki ketajaman yang bisa mencetak gol.

Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Walau di awal laga Piala AFF 2022, ada sejumlah peluang emas yang gagal dimanfaatkannya untuk membuat gol. Terlepas dari itu, Egy mampu membayarnya dengan jumlah 2 gol yang dia ciptakan saat menghadapi Kamboja dan Brunei Darusslam.

Baca Juga:
Park Hang-seo Puji Kualitas Timnas Indonesia yang Bermain Imbang saat Jamu Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

2. Witan Sulaeman

Pemain tercepat kedua setelah Asnawi Mangkualam ini beberapa kali menjadi ancaman untuk lawan di Piala AFF 2022. Membobol gawang Kamboja untuk menentukan 3 poin pertama skuad Garuda, Witan masih bisa diandalkan Shin Tae-yong di leg II semifinal Piala AFF 2022.

3. Yakob Sayuri

Baca Juga:
Doan Van Hau Tendang Kaki Ricky Kambuaya di Kotak Terlarang, Komentator Piala AFF: Itu Penalti!

Dipercaya sebagai starting XI saat Indonesia vs Vietnam leg I, Yakob Sayuri seakan menjadi titisan baru untuk menjebol gawang lawan. Pemain PSM Makassar ini awalnya tak jadi pilihan Shin Tae-yong.

Selebrasi Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananda di laga Timnas Indonesia vs Brunei. (Instagram/@pssi)

Namun saat menghadapi Brunei Darussalam, gaya permainannya yang bisa menerobos pertahanan lawan jadi pertimbangan untuk kembali bermain di leg II.

Sayuri juga mencetak gol dengan tandukan terukur ketika melumat Timnas Brunei Darussalam. Ia menjadi pencetak gol terakhir sebagai kemenangan Indonesia di fase grup A.

4. Dendy Sulistyawan

Nama Dendy baru mulai terlihat saat menghadapi Filipina. Ia juga mencetak gol lewat sundulan dari assist lemparan Pratama Arhan.

Bermain sebagai skuad utama menghadapi Vietnam di leg I, Dendy Sulistyawan bisa menempatkan posisi dan membuat peluang bagus. Meski akhirnya umpan dan tendangannya masih bisa dihalau kiper.

Leg II semifinal Piala AFF 2022 menjadi ajang Dendy Sulistyawan bersinar di karier timnasnya. Mengemas dua gol selama laga bergulir, ia bisa diandalkan untuk membobol jala gawang Vietnam di laga kandang.

5. Marc Klok

Pemain 29 tahun ini tercatat memiliki pengaruh untuk membangun serangan dari lini tengah ke daerah pertahanan lawan. Kemampuannya menjaga bola dari kepungan pemain Vietnam di pertandingan kemarin bisa menjadi motivasi rekan lainnya untuk mencetak gol.

Marc Klok mengambil tendangan penalti saat laga Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 (Instagram/marcklok)

Marc Klok terbukti mampu membaca posisi kosong pertahanan lawan untuk membuat peluang gol. Sebenarnya hal itu terlihat saat Indonesia menghadapi Curacao di FIFA Match day 2022 lalu.

Harapannya, Klok bisa kembali membuat gol cantik dengan skema passing pendek saat berada di daerah pertahanan Vietnam pada leg II semifinal Piala AFF 2022 nanti.

6. Marselino Ferdinan

Pemain Persebaya Surabaya ini terus meningkat selama gelaran Piala AFF 2022, baik di kelompok usia dan tim senior. Menjadi penentu kemenangan saat menghadapi Filipina di fase penyisihan grup, Marselino Ferdinan bisa diandalkan untuk membuat gol di leg II semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023).

Peluang yang dia ciptakan saat menghadapi Vietnam di leg I sudah memberi harapan bagi pendukung Indonesia, meski masih bisa ditepis kiper Dang Van Lam.