Muhammad Ilham Baktora
Pemain Vietnam, Doan Van Hau diserang netizen. (Instagram/doanvanhau_1904)

Gol.bolatimes.com - Nama Bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau masih ramai jadi perbincangan di media sosial. Bahkan hashtag Van Hau menempati peringkat teratas trending topic di Twitter.

Bukan tanpa alasan namanya jadi bulan-bulanan publik. Pasalnya saat menghadapi Indonesia di leg I semifinal Piala AFF 2022, Van Hau kembali berulah dengan menekel keras Dendy Sulistyawan, hingga muncul protes keras dari kubu tuan rumah dan nyaris adu fisik antara pemain dan ofisial.

Meski tekel tersebut cukup berbahaya, wasit Omar Al-Yaqoubi hanya memberi peringatan ke Van Hau dan menghadiahi tendangan bebas untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Percaya Diri dengan Hasil Imbang di Laga Kandang, Nadeo Percaya Indonesia Bisa Menang saat Dijamu Vietnam

Aksi kasar Doan Van Hau kembali dibahas oleh Media Malaysia, Semuanyabola. Media tersebut mengecam permainan bek 23 tahun.

"Vietnam melakukan kontroversi lagi lewat Doan Van Hau. Kali ini beliau membuat pelanggaran yang tak sepatutnya kepada pemain lawan," tulis Semuanyabola dikutip Sabtu (7/1/2023).

Van Hau pernah menjadi bulan-bulanan suporter Malaysia akibat menyikut Azam Azmi ke bagian dada saat berebut bola. Namun sekali lagi, Van Hau bebas dari kartu merah.

Baca Juga:
Bisa Imbangi Indonesia saat Laga Tandang, Vietnam Catat Rekor Baru di Piala AFF 2022

Pada laga menghadapi Indonesia, dua pemain Indonesia (Dendy Sulistyawan dan Ricky Kambuaya) menjadi korbannya dan Van Hau tak mendapat kartu merah akibat ulahnya.

Semuanyabola juga menyoroti pelanggaran yang dibuat Van Hau di kotak penalti karena melanggar Ricky Kambuaya. Seharusnya hadiah penalti diberikan ke skuad Garuda.

"Hal ini menjadi kecurigaan semua pemain termasuk pelatih Shin Tae-yong terhadap keputusan pengadil lapangan itu," tulisnya.

Baca Juga:
Jadi Keuntungan, Timnas Indonesia Bakal Tiba Lebih Dulu di Vietnam Ketimbang Tim Tuan Rumah

Media tersebut juga menyoroti bahwa sepakbola merupakan wadah untuk menyatukan pemain dan pendukung. Tetapi jika wasit saja bertindak tak tegas, permainan menjadi tak bermakna.

"Ini harus menjadi evaluasi dan wasit harus lebih bijak ke depannya di sisa pertandingan," kata dia.

Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam berakhir antiklimaks. Kedua tim hanya bermain imbang dengan skor 0-0.