Arif Budi Setyanto
Pemain Vietnam, Doan Van Hau ingin protes ke wasit usai laga lawan timnas Indonesia berakhir. (Zing News)

Gol.bolatimes.com - Momen tak terduga terjadi usai wasit meniupkan peluit tanda pertandingan timnas Indonesia vs Vietnam. Doan Van Hau ternyata hendak protes karena merasa dilanggar pemain skuad Garuda.

Doan Van Hau menjadi sorotan di laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023). Pasalnya pemain berusia 23 tahun ini kedapatkan melakukan pelanggaran keras.

Pemain yang pernah abroad ke Liga Belanda ini melayangkan tekel dengan dua kaki ke Dendy Sulistyawan. Namun, ia juga pura-pura mengalami kesakitan.

Baca Juga:
Percaya Diri dengan Hasil Imbang di Laga Kandang, Nadeo Percaya Indonesia Bisa Menang saat Dijamu Vietnam

Bukan hanya itu saja, Van Hau juga menendang kaki Ricky Kambuaya saat perebutan bola di kotak penalti Vietnam. Apa yang dilakukannya seharusnya bisa berbuah penalti bagi tim Merah Putih.

Mengejutkannya, meski bermain kasar Doan Van Hau lolos dari hukuman wasit. Ia sama sekali tidak mendapatkan kartu kuning, sehingga pengadil lapangan banyak dikritik.

Kendati demikian, Van Hau malah merasa jadi pemain yang paling tersakiti. Momen itu terjadi ketika wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Baca Juga:
Bisa Imbangi Indonesia saat Laga Tandang, Vietnam Catat Rekor Baru di Piala AFF 2022

Kala itu, Van Hau berduel dengan pemain timnas Indonesia. Ia jatuh tersungkur dan mengklaim bibirnya disikut.

Akan tetapi, wasit tidak memedulikannya dan langsung mengakhiri pertandingan. Di momen itu, Van Hau lantas berdiri dan mencari wasit untuk melayangkan protes.

Pemain Vietnam, Doan Van Hau ingin protes ke wasit usai laga lawan timnas Indonesia berakhir. (Zing News)

"Van Hau bertabrakan dengan pemain Indonesia. Mulutnya didorong lawan, jadi dia jatuh kesakutan. Wasit meniup peluit untuk mengakhiri pertandingan tanpa mempertimbangkan kondisinya," tulis laporan Zing News disadur pada Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga:
Jadi Keuntungan, Timnas Indonesia Bakal Tiba Lebih Dulu di Vietnam Ketimbang Tim Tuan Rumah

Saat hendak protes ke wasit, Van Hau ditahan oleh ofisial Vietnam. Bahkan Park Hang-seo pun turun tangan untuk menenangkan pemainnya.

Alhasil pemain berusia 23 tahun itu mengurungkan niatnya untuk memprotes wasit. Padahal selama pertandingan Van Hau jadi pemain yang kerap melanggar pemain timnas Indonesia, tapi ia jadi sosok yang tersakiti.

Terlepas dari itu, laga timnas Indonesia vs Vietnam berakhir dengan skor 0-0. Selanjutnya, Golden Star Warriors akan menjamu skuad Garuda di leg kedua pada Senin (9/1/2023) di Stadion My Dinh.

Baca Juga:
Tak Ciut usai Ditahan Imbang Vietnam di Leg I Semifinal Piala AFF 2022, Kapten Indonesia Optimistis Lolos ke Final