Galih Prasetyo
Kolase Park Hang-seo, Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon

Gol.bolatimes.com - Tiga pelatih asal Korsel sukses mengantarkan anak asuh mereka di babak semifinal Piala AFF 2022. Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia, Park Hang-seo yang pimpin skuat Vietnam dan Kim Pan-gon, nakhoda tim Malaysia

Dari ketiga pelatih, hanya Kim Pan-gon yang mampu meraih kemenangan di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022. Malaysia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Muhammad Faisal di Stadion Bukit Jalil.

Sementara pertarungan Shin Tae-yong vs Park Hang-seo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 6 Januari 2023 berakhir dengan skor tanpa gol. 

Baca Juga:
Jadi Pelatih Baru Persikabo, Aidil Sharin Bawa Pemain Timnas Singapura ke Liga 1?

Peluang Kim Pan-gon untuk melangkah ke babak final bersama Malaysia cukup besar. Meski pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Harimau Malaya akan bertandang ke Thammasar Stadium pada 10 Januari 2023. 

Jelang leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, sejumlah media asing menyoroti soal tim mana yang akan bermain di partai puncak. 

Salah satu media Korsel, Donga.com menyebut akan sangat menarik jika final Piala AFF 2022 akan mempertemukan derby Korea. 

Baca Juga:
Timnas Indonesia Disebut Diuntungkan Wasit usai Tahan Imbang Vietnam di Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2022

"Sangat menarik jika melihat pertarungan antara pelatih Korsel di puncak 'Piala Dunia ASEAN', Piala AFF 2022," tulis media Korsel tersebut. 

Pertemuan antara Shin Tae-yong dengan Park Hang-seo di leg kedua babak semifinal yang berlangsung di Stadion My Dinh yang paling jadi sorotan media Korsel. 

"Fakta bahwa keduanya tidak berjabat tangan tepat setelah pertandingan usai menarik perhatian banyak pihak. Keduanya memiliki perang urat saraf," 

Baca Juga:
Dendy Sulistyawan Dibawa ke Konferensi Pers, Sinyal Ilija Spasojevic Cadangan Lagi?

Sementara itu, menurut Park Hang-seo, secara kualitas, Shin Tae-yong termasuk pelatih yang bagus. Namun ditegaskan Park Hang-seo, Shin Tae-yong harus lebih banyak buktikan di lapangan daripada sekedar kata-kata.

"Pelatih Shin benar ketika mengatakan bahwa tim Indonesia berada di level yang sama dengan Vietnam dan Thailand. Tapi sebagai pelatih kepala, dia perlu menunjukkan bukti di lapangan dari pada sekedar kata-kata," ucap Park Hang-seo seperti dikutip dari dantri.com

"Pelatih adalah orang yang memiliki tanggung jawab tinggi untuk hasil tim. Saya tidak ingin menilai tentang rekan pelatih. Saya akui Indonesia sudah membaik. Tapi mereka perlu menunjukkan di lapangan, apakah mereka benar-benar kuat atau tidak," tambahnya. 

Baca Juga:
Rekam Jejak Yusuke Araki Pengadil Laga Vietnam vs Indonesia: Jadi Wasit karena Permainan Batu-Gunting-Kertas

Meski begitu, Park Hang-seo mengakui bahwa sepak terjang Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia memang menunjukkan perkembangan yang sangat baik.