Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Jelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong disorot lantaran menyinggung aksi brutal bek Vietnam Doan Van Hau.

Melalui akun Instagram pribadinya, Shin Tae-yong membagikan video kompilasi yang memperlihatkan permainan keras Doan Van Hau di Piala AFF 2022.

Salah satunya, ketika Doan Van Hau melakukan tekel keras kepada Dendy Sulistyawan di leg pertama semifinal yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) lalu.

Sebagai narasi, Shin Tae-yong juga menyentil pemain dan wasit agar menjunjung tinggi fair play dalam pertandingan.

"Tidak boleh "usaha para pemain" yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini," tulis pelatih yang kerap disapa STY, Minggu (8/1).

Komentar Shin Tae-yong itu seketika membuat 'panas' pihak Timnas Vietnam dan menjadi perbincangan jelang laga.

Bahkan salah satu media Vietnam, Soha.vn mempertanyakan kredibilitas Shin Tae-yong sebagai pelatih usai memberikan kritik kepada Doan Van Hau.

Sikap Shin Tae-yong tersebut dianggap tak etis dan disebut sebagai strategi untuk menyerang psikologis pemain Vietnam sebelum menghadapi Timnas Indonesia.

"Apakah karena takut Indonesia kalah, jadi ini trik pelatih Shin Tae Yong untuk menggoyahkan semangat Van Hau? Atau sederhananya, pemimpin Korea hanya ingin mengingatkan wasit untuk pertandingan yang akan datang?," tulis Soha.vn

"Tapi apapun alasannya, itu tetap perilaku buruk, Tuan Shin Tae Yong," imbuhnya.

Adapun laga Vietnam vs Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2022) malam. Di leg pertama, kedua tim imbang 0-0.