Husna Rahmayunita
Pemain Vietnam, Doan Van Hau diserang netizen. (Instagram/doanvanhau_1904)

Gol.bolatimes.com - Bek Vietnam Doan Van Hau kembali jadi perbincangan setelah gaya permainan kasarnya jadi perhatian pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Doan Van Hau 'disemprot' Shin Tae-yong menjelang laga leg kedua Vietnam vs Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022.

Lewat postingan di akun Instagram pribadinya Minggu (9/1/2023), Shin Tae-yong membagikan video kompilasi yang memperlihatkan permainan brutal Doan Van Hau di Piala AFF 2022.

Tampak dalam penggalan video, aksi Doan Van Hau yang melakukan tekel keras kepada Dendy Sulistyawan dan Ricky Kambuaya di leg pertama semifinal yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1). Terlihat momen ketika Van Hau melakukan pelanggaran ke pemain Malaysia, Azam Azmi.

Sebagai narasi, Shin Tae-yong menyentil pemain dan wasit agar menjunjung tinggi fair play dalam pertandingan. Terlebih Doan Van Hau tak pernah mendapat hukuman atas permainan kasarnya.

"Tidak boleh "usaha para pemain" yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini," tulis pelatih yang kerap disapa STY, Minggu (8/1).

Kritik yang disampaikan Shin Tae-yong kepada salah satu pemain andalan Vietnam sontak memancing beragam reaksi. Namun, menurut media Vietnam Thanh Nien, hal itu tak menganggu Doan Van Hau.

Sang pemain disebutkan tetap berlatih bersama skuad The Golden Star meski mendapat kritik tajam. Bahkan bek kelahiran 1999 tampak ceria menjalani aktivitas bersama rekan setim.

"Bek Doan Van Hau cukup tenang dan tak terpengaruh oleh pukulan media lawan. Di sesi latihan di Stadion My Dinh, Van Hau sangat senang dan santai. Dia bercanda dengan rekan satu timnnya dan melakukan pemanasan dengan kualitas nyaris sempurna," tulis Thanh Nien.

Adapun laga Vietnam vs Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1) malam. Di leg pertama, kedua tim imbang dengan 0-0 ketika bermain di SUGBK.