Irwan Febri Rialdi
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal mendapatkan sejumlah keuntungan apabila nantinya sukses menumbangkan Vietnam pada pertandingan leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam nantinya akan berlangsung Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023), pukul 19.30 WIB.

Duel ini akan menjadi penentuan bagi skuad Merah Putih dan The Golden Star untuk menentukan nasibnya ke partai final Piala AFF 2022.

Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam hanya bermain imbang tanpa gol ketika bersua di laga leg pertama fase semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (6/1/2023).

Setidaknya, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dipetik oleh skuad asuhan Shin Tae-yong jika nantinya mampu menggulingkan tim tuan rumah pada laga leg kedua ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga keuntungan yang didapat Timnas Indonesia apabila mampu mengalahkan Vietnam pada laga leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022.

1. Mental Semakin Bagus

Timnas Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari aspek psikologis apabila mampu menang atas Vietnam pada laga leg kedua nanti.

Sebab, kemenangan ini bisa mendongkrak mentalitas skuad Garuda yang dalam beberapa tahun terakhir gagal menumbangkan Vietnam di sejumlah ajang.

Jika mampu meraih kemenangan, Shin Tae-yong juga bisa memperbaiki rekor tak pernah menang saat berjumpa Vietnam selama berstatus sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Kemenangan tentu saja bisa memberikan kepercayaan diri tinggi bagi Timnas Indonesia apabila suatu saat kembali berjumpa Vietnam.

2. Ranking FIFA Naik

Selain itu pula, kemenangan atas Vietnam juga bisa memberikan angin segar bagi Timnas Indonesia untuk mendongkrak ranking FIFA-nya.

Untuk saat ini, skuad Garuda masih bertengger di urutan ke-151 dengan koleksi 1.042,41 poin. Menurut laman Football Ranking, Timnas Indonesia akan mendapatkan tambahan poin sebesar 3,36 apabila mampu menumbangkan Vietnam tanpa adu penalti.

Dengan tambahan poin itu, skuad Garuda secara keseluruhan akan mengumpulkan 1.409,66 poin dan naik satu tingkat ke urutan ke-150 ranking FIFA.

3. Lolos ke Final Piala AFF 2022

Tentu saja, kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam pada laga leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022 akan membawa skuad Garuda lolos ke partai final.

Kelolosan ini tentu saja membuka peluang bagi Shin Tae-yong untuk mempersembahkan gelar juara pertamanya untuk Timnas Indonesia sejak ditunjuk pada akhir 2019.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga bakal mencatatkan pencapaian apik karena sukses dua kali membawa skuad Merah Putih lolos ke final setelah sebelumnya berhasil melakukannya pada edisi 2020.

Kontributor: M Faiz Alfarizie