Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, mendapat pelanggaran keras dari bek Vietnam, Que Ngoc Hai, pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Senin (9/1/2023).

Momen ini terjadi pada menit ke-23. Hanya tinggal menendang bola, Que Ngoc Hai datang dengan memberikan sikutan dan membuat Dendy Sulistyawan terkapar di lapangan.

Sayangnya pelanggaran keras yang dilakukan bek Vietnam itu tak membuat Timnas Indonesia mendapat hadiah penalti. Wasit asal Jepang, Yusuke Araki menganggap tak ada pelanggaran yang terjadi. 

Padahal menurut komentar pertandingan Vietnam vs Indonesia, apa yang dilakukan Que Ngoc Hai sama seperti yang dilakukan Doan Van Hau kepada pemain Malaysia.

Akibat keputusan wasit yang kurang tepat, Timnas Indonesia gagal menyamakan kedudukan. Saat ini, skuat Garuda tertinggal 0-1 dari Vietnam di babak pertama.

Gol tuan rumah dicetak oleh Nguyen Tien Linh saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Timnas Indonesia masih memiliki asa di babak kedua untuk menyamakan atau membalikkan keadaan. Butuh satu gol saja bagi tim Merah-Putih untuk unggul agregat dan lolos ke partai final.