Husna Rahmayunita
Aksi Nguyen Tien Linh saat Vietnam kalahkan Timnas Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok.VFF)

Gol.bolatimes.com - Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh puas bisa mengantarkan skuadnya mengalahkan Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) malam.

Nguyen Tien Linh menjadi penyelamat Vietnam berkat brace yang diciptakan pada pertandingan yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi. Dua golnya membawa Vietnam ke final dan menjadi mimpi buruk bagi lawan.

Selepas laga, ia mengaku memang sedang dalam performa bagus, selain mengapresiasi penampilan skuad The Golden Star Warriors.

"Performa saya memang sedang bagus dan saya percaya diri karena itu. Namun, yang penting adalah bisa membantu tim untuk kembali menginjak final Piala AFF. Saya berharap kami kembali menjadi yang terbaik di turnamen ini," ujarnya dalam jumpa pers.

Kekinina, Nguyen Tien Linh untuk sementara memimpin daftar top skor Piala AFF 2022, dengan lima gol, bersama penyerang Thailand Teerasil Dangda.

Tim nasional Vientam melaju ke semifinal Piala AFF 2022 usai mengandaskan perlawanan Indonesia dengan skor 2-0, di mana semua gol diborong penyerang Nguyen Tien Linh, pada laga leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Itu menjadi final keempat Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF setelah tahun 1998, 2008 dan 2018. Dari tiga final itu, Vietnam dua kali keluar sebagai kampiun yakni tahun 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi laga final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar pada Selasa (10/1) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1.

Adapun bagi timnas Indonesia, kekalahan dari Vietnam membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022.

(Antara)