Irwan Febri Rialdi
Marc Klok tolak jabat tangan dengan Doan Van Hau. (Dok. RCTI)

Gol.bolatimes.com - Salah satu momen menarik yang terjadi pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 ialah ketika Marc Klok menolak berjabat tangan dengan Doan Van Hau.

Dalam pertandingan ini, Marc Klok dan Doan Van Hau memang menjadi pemain dari masing-masing kubu yang terlihat begitu keras di atas lapangan.

Beberapa kali Doan Van Hau melakukan pelanggaran yang cukup keras. Puncaknya, dia mendapat kartu kuning karena tangannya sempat melayang ke wajah Asnawi Mangkualam.

Momen ini sempat membuat Marc Klok melancarkan protes keras terhadap wasit, hingga dia juga sempat bersitegang dengan Doan Van Hau.

Akhirnya, pada menit ke-60, insiden gesekan antara Marc Klok dengan Doan Van Hau kembali terjadi. Kali ini berada di area kotak penalti Timnas Indonesia.

Dalam situasi sepak pojok, Marc Klok yang menjaga Doan Van Hau sempat saling tempel dan terlibat gesekan. Tiba-tiba, Marc Klok terjatuh setelah Doan Van Hau sedikit menggerakkan bahunya.

Marc Klok pun terjatuh dan mengerang kesakitan. Momen ini kembali memantik friksi panas antara kedua kubu. Sebab, wasit sampai harus turun tangan untuk menenangkan situasi.

Namun, momen ini justru dianggap media Vietnam, @Next.sports, sebagai bentuk akting yang dilakukan oleh gelandang kelahiran Belanda itu.

Media tersebut bahkan menyebut bahwa aksi yang dilakukan Klok itu tak ubahnya seperti akting seorang aktor Hollywood.

“Akting setingkat pemain Hollywood ditunjukkan pemain Indonesia, Namun, Anda tidak bisa terlepas dari pandangan wasit,” tulis akun TikTok @next.sports.

Dalam momen ini pula, Klok dan Van Hau dipanggil oleh wasit. Setelah itu, ketika pemain bernomor punggung 5 itu mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan, Klok menolaknya.

Pemain Persib Bandung ini justru menyembunyikan tangannya di balik badan, sebagai bentuk gestur menolak uluran tangan dari lawannya tersebut.

Mendapat sambutan seperti itu, Doan Van hau hanya bisa tersenyum dan tak memberikan respons yang berlebihan untuk Marc Klok.

Momen ini menjadi viral seiring kegagalan Timnas Indonesia melaju ke partai final Piala AFF 2022 lantaran tumbang di kandang Vietnam.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) itu, tim tuan rumah menang 2-0 lewat gol Nguyen Tien Linh sehingga mereka unggul agregat dengan skor serupa.

Kontributor: M Faiz Alfarizie