Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang tengah mendapatkan sorotan tajam dari publik setelah gagal membawa timnya lolos ke final Piala AFF 2022.

Kegagalan ini diraih anak asuh Shin Tae-yong ketika tumbang dari Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Kekalahan dua gol tanpa balas ini memupus harapan Timnas Indonesia untuk meraih juara.

Tak sedikit yang mulai bersuara untuk mendepak Shin Tae-yong dari kursi pelatih Timnas Indonesia. Padahal, sebetulnya pelatih asal Korea Selatan itu sudah punya sederet prestasi bersama skuad Garuda.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar prestasi yang diraih Shin Tae-yong selama menjadi pelatih Timnas Indonesia.

1. Runner-up Piala AFF 2020

Pada turnamen Piala AFF pertamanya yang berlangsung pada edisi 2020, Shin Tae-yong juga mampu membawa skuad Timnas Indonesia lolos ke final.

Sayangnya, para partai final, skuad Merah Putih harus mengakui keunggulan Thailand. Akhirnya, Shin Tae-yong harus puas dengan gelar runner-up.

Namun demikian, ini menjadi momen istimewa karena pelatih asal Korea Selatan itu dinilai mampu memberikan perubahan besar pada permainan Timnas Indonesia.

2. Medali Perunggu SEA Games 2021

Setelah itu, Shin Tae-yong juga mampu menorehkan prestasi pertamanya bersama tim nasional kelompok usia, yakni U-23.

Sebab, pada ajang SEA Games 2021, Shin Tae-yong membawa skuad Garuda Muda lolos ke semifinal. Meski gagal melaju ke partai puncak, Indonesia berhak menyabet perunggu.

Medali ini diraih setelah Indonesia menumbangkan Malaysia pada partai perebutan peringkat ketiga cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021.

3. Lolos Piala Asia 2023

Salah satu prestasi yang sukses diraih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia ialah meraih tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023

Keberhasilan ini menjadi pelega dahaga suporter Timnas Indonesia setelah menanti selama 15 tahun untuk bisa melihat skuad Garuda lolos ke Piala Asia.

Pasalnya, terakhir kali Timnas Indonesia tampil pada Piala Asia terjadi pada edisi 2007. Itu pun lolos otomatis karena menjadi salah satu dari empat tuan rumah.

4. Lolos Piala Asia U-20 2023

Performa impresif lainnya yang sukses dibukukan mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu ialah membawa anak asuhnya lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Hasil itu diraih setelah Marselino Ferdinan dan kawan-kawan memuncaki klasemen akhir Grup F dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan.

Salah satu yang menarik ialah skuad asuhan Shin Tae-yong mampu menumbangkan Vietnam secara dramatis pada laga terakhir dengan skor 3-2.

Kontributor: M Faiz Alfarizie