Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Thailand, Teerasil Dangda. (Dok. Changsuek)

Gol.bolatimes.com - Untuk menambah kekuatan tim, klub-klub BRI Liga 1 bisa merekrut sejumlah pemain bintang asal Thailand. Pasalnya, mereka terbukti punya kualitas mumpuni.

Kehebatan para pemain Thailand tidak terlepas dari majunya kompetisi sepak bola di Negara Gajah Putih tersebut. Dengan kompetisi yang baik, maka para pemain hebat pun lahir.

Dari sana, kekuatan timnas Thailand pun semakin berprogres dan akhirnya melahirkan prestasi. Ini dibuktikan dengan raihan enam gelar juara Piala AFF milik Thailand.

Thailand bahkan punya peluang menambah gelar di kompetisi ini karena lolos ke final Piala AFF 2022 melawan Vietnam. Kedua tim bakal melakoni dua leg final pada 13 dan 16 Januari 2023.

Lantas, pemain top Thailand siapa saja yang pantas direkrut klub Liga 1?

1. Theerathon Bunmathan

Bek kiri berusia 32 tahun ini punya pengalaman yang sangat impresif. Ia pernah bermain di beberapa klub Liga Jepang seperti Vissel Kobe dan Yokohama F Marinos.

Theerathon kembali bermain di Thailand pada Desember 2021 dengan pindah dari Yokohama ke Buriram United. Saat ini, ia punya nilai pasar 600 ribu euro atau sekitar Rp 10 miliar.

Menurut catatan Transfermarkt, Theerathon telah melakoni 380 total pertandingan dengan catatan 32 gol dan 62 assist di level klub.

2. Teerasil Dangda

Di usianya yang kini menginjak 34 tahun, Teerasil Dangda membuktikan bahwa dirinya belum habis. Justru ia semakin menunjukkan kematangan dan tetap tajam.

Ini bisa dilihat dari kontribusinya di Piala AFF 2022. Teerasil kini menjadi top skor sementara dengan 6 gol dari 6 pertandingan, statistik ini pun semakin memantapkan diri Teerasil sebagai top skor sepajang masa Piala AFF.

Jika ada klub Liga 1 yang berminat membajaknya dari BG Pathum United, Teerasil Dangda punya nilai pasar 350 ribu euro atau sekitar Rp 5,8 miliar.

3. Sarach Yooyen

Rekan satu tim Teerasil di BG Pathum ini juga cocok direkrut oleh klub Liga 1. Ia juga jadi andalan di skuad Thailand di Piala AFF 2022.

Jika ada klub Liga 1 yang berminat pada jasanya, harga pasaran Yooyen ada di kisaran 400 ribu euro atau sekitar Rp 6,6 miliar. Musim ini, Yooyen sudah mencatatkan 18 penampilan dengan torehan 2 assist dan 1 gol bersama BG Pathum.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha