Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pemain Timnas Indonesia tercatat menampilkan performa yang jauh dari kata ideal saat berjuang di Piala AFF 2022.

Sebab, penampilan pemain-pemain ini sebetulnya yang paling dinantikan bisa membantu Timnas Indonesia meraih prestasi di Piala AFF 2022.

Sayangnya, mereka gagal memenuhi ekspektasi. Kontribusinya untuk skuad Garuda juga masih jauh dari harapan. Padahal, sebagian besar pemain yang ada dalam daftar ini adalah nama-nama abroad, alias yang berkarier di luar negeri.
Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain Timnas Indonesia yang tampil loyo di Piala AFF 2022.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menjadi pemain pertama yang performanya kurang greget di Piala AFF 2022. Kontribusinya juga dinilai tak maksimal bersama Timnas Indonesia.

Padahal, Witan adalah salah satu nama yang tampil luar biasa pada edisi sebelumnya. Tercatat, ia sukses mencetak dua gol dan lima assist pada Piala AFF 2020.

Namun, pada edisi yang terakhir, pemain asal AS trencin itu hanya bisa mencetak satu gol. Ia juga kerap melewatkan peluang emas untuk menjadi gol.

2. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya juga bisa dibilang sebagai salah satu pemain skuad Garuda yang penampilannya melempem di Piala AFF 2022.

Tak hanya itu, Kambuaya kini juga sudah mulai tersisih dari skuad utama. Salah satu momen yang diingat tentu ketika ia tampil egois pada laga kontra Filipina di fase penyisihan grup.

3. Egy Maulana Vikri

Terlepas dari dua gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri di Piala AFF 2022, kontribusi pemain yang berkarier di Liga Slovakia ini masih belum maksimal.

Egy sempat melewatkan sejumlah momen berharga untuk mencetak gol, terutama ketika tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Kamboja.

Performa Egy sejak berkarier di Eropa memang tampak stagnan. Tak ada perkembangan berarti yang diperlihatkan eks-pemain Timnas U-19 ini.

4. Asnawi Mangkualam

Performa yang diperlihatkan Asnawi Mangkualam pada Piala AFF 2022 masih jauh dari harapan. Pemain abroad yang berkarier di K-League 2 ini tak maksimal.

Bahkan, Asnawi sempat melakukan satu blunder fatal yang membuat Timnas Indonesia kebobolan pada laga melawan Thailand.

Tak ada kontribusi berarti yang bisa dicatatkan eks-pemain PSM Makassar ini, terlebih jika dibandingkan dengan edisi 2020.

5. Pratama Arhan

Berstatus sebagai pemain abroad, performa Pratama Arhan juga masih belum terlalu maksimal bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Penampilan ofensifnya memang masih kalah jika dibandingkan dengan Edo Febriansyah. Padahal, Arhan punya kesempatan lebih banyak ketimbang Edo.

Kontribusinya memang tak menonjol seperti edisi sebelumnya, saat ia mencetak satu gol dan dua assist hingga meraih gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Kontributor: M Faiz Alfarizie