Gagah Radhitya Widiaseno
Doan Van Hau disebut pemain vital oleh akun Instagram Piala AFF (Instagram/affmitsubishielectriccup)

Gol.bolatimes.com - Pemain Vietnam, Doan Van Hau menjadi sorotan akun Instagram resmi Piala AFF, @affmitsubishielectriccup. Mereka menyebut kalau Doan menjadi pemain vital jelang laga final Vietnam vs Thailand.

Seperti diketahui, laga final yang mempertemukan Vietnam dan Thailand akan tersaji pada Jumat (13/1/2023) di Stadion My Dinh.

Laga ini bakal berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama mengincar gelar Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Profil Yamila Rodriguez, Pesepak Bola Wanita Argentina yang Pilih Punya Tato Wajah Cristiano Ronaldo ketimbang Messi

Jelang laga sengit ini, akun Piala AFF @affmitsubishielectriccup memposting seorang pemain yang wajib diwaspadai. Dialah pemain Vietnam, Doan Van Hau.

Mereka menyebut kalau Doan Van Hau menjadi salah satu pemain vital dalam skuad The Golden Star Warriors.

"Player to Watch: Doan Van Hau. Penggerak vital dalam skuad Golden Star Warriors. Apakah dia akan menjadi pemain kunci dalam pertandingan besok," tulisnya.

Baca Juga:
5 Pemain Thailand Dapat Kartu Kuning, Mano Polking Tak Risau: Vietnam Juga

Postingan ini justru membuat beberapa netizen merasa panas dan nggak terima. Mereka langsung membanjiri kolom komentar di postingan tersebut.

"Bad player. The real Kungfu Player," tulis @ayn***.

"Aktor Tarkam," beber atik***.

Baca Juga:
Vietnam Bermain Keras di Final Piala AFF 2022?, Alexandre Polking Tak Segan Lakukan Strategi yang Sama

"UFC Player," timpal @rach***.

Doan Van Hau memang sedang menjadi sorotan publik karena aksi 'nakal' ketika berada di lapangan.

Beberapa momen terekam kamera saat dirinya melakukan aksi nakal di atas lapangan.

Pemain timnas Malaysia, Azam Azmi pernah merasakana aksi nakal sebanyak dua kali, mulai dari sikutan hingga dorongan ke papan iklan di pinggir stadion.

Tangkapan layar Doan Van Hau, menghantam dada Azam Azmi saat Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh, Selasa (27/12/2022). (Twitter/@kekasihyiren)

Momen ini terjadi di fase Grup B Piala AFF 2022, menariknya wasit yang memimpin jalannya pertandingan justru mengganjar Azmi dengan kartu merah karena menendang Van Hau.

Azmi seolah kesal dengan aksi Doan Van Hau yang membuatnya jatuh tersungkur terbentur papan iklan setelah disikut bek Vietnam itu.

Striker timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan di Piala AFF 2022 juga nyaris mengalami cedera parah setelah terkena tekel dua kaki Doan Van Hau.

Pemain Vietnam, Doan Van Hau yang main kasar lawan timnas Indonesia. (The Thao247)

Gokilnya lagi, wasit pemimpin laga Indonesia versus Vietnam di semifinal leg pertama Piala AFF 2022 tak mengganjar hukuman kartu terhadap Van Hau.

Selain itu, Ricky Kambuaya juga sempat menjadi korban aksi brutal Van Hau di menit-menit akhir laga. Dalam tayangan ulang diperlihatkan Doan Van Hau menendang kaki Kambuaya di dalam kotak penalti Vietnam.