Irwan Febri Rialdi
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah pemain layak untuk dipanggil kembali oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia yang akan menghadapi sederet agenda penting, salah satunya Piala Asia 2023.

Usai gagal di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia harus segera mengalihkan fokusnya ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 16 Juni - 16 Juli mendatang.

Untuk meraih hasil positif, Shin Tae-yong bisa memanggil kembali beberapa pemain yang sempat ia percaya namun ditepikan dalam beberapa kesempatan terakhir.

1. Irfan Jaya

Irfan Jaya sempat jadi andalan Shin Tae-yong di lini depan Timnas Indonesia, bahkan ia tampil sangat impresif di Piala AFF 2020.

Terakhir kali Irfan Jaya menghiasi skuad Timnas Indonesia adalah pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni tahun lalu. Sayang setelah itu ia mengalami cedera serius.

Cedera itu membuatnya tertepikan dari skuad Timnas Indonesia. Kini eks punggawa PSS Sleman itu mulai kembali bermain untuk Bali United dengan torehan satu gol dari 6 pertandingan di liga.

2. Stefano Lilipaly

Lilipaly bisa menjadi salah satu opsi pemain yang dipanggil lagi oleh Shin Tae-yong. Meski usianya sudah 33 tahun, ia punya pengalaman dan kemampuan yang dapat membantu permainan Timnas Indonesia.

Terakhir kali Lilipaly dipanggil oleh Shin Tae-yong adalah pada Kualifikasi Piala Asia 2023 Juni tahun lalu. Setelah itu, ia tak lagi dipanggil ke dalam skuad Garuda.

Penampilan Lilipaly di Liga 1 2022/23 juga sedang impresif. Dari 16 pertandingan yang dilewatinya sejauh ini, ia sudah mencetak 4 gol dan 5 assist.

3. Evan Dimas

Penampilan Evan Dimas yang inkonsisten membuatnya ditepikan baik di Timnas Indonesia dan klub, tapi musim ini ia kembali mendapat cukup kepercayaan.

Evan sudah memainkan 14 pertandingan buat Arema FC di Liga 1 dengan torehan satu gol dan satu assist. Hal ini menunjukkan ia masih layak untuk berseragam timnas.

Terakhir kali Evan dipanggil ke dalam skuad Timnas Indonesia adalah saat laga persahabatan melawan Timor Lester pada Januari 2022.

4. Terens Puhiri

Terens Puhiri Terens Puhiri juga sempat mendapat panggilan dari Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia, namun pada akhirnya ditepikan di Piala AFF 2022.

Puhiri bisa menjadi alternatif dari sisi penyerangan sayap yang dinilai tak tampil optimal di Piala AFF 2022. Penampilan Terens Puhiri juga cukup impresif musim ini bersama Borneo FC dengan catatan 3 gol dan 4 assist dari 11 pertandingan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha