Husna Rahmayunita
Ramadhan Sananta jalani debut saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2 di FIFA Matchday. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Ramadhan Sananta tiba-tiba dirumorkan menjadi incaran klub asal Jerman, FC St Pauli. Penyerang berusia 20 tahun itu disebut sedang dipantau klub yang mentas di klub 2. Bundesliga tersebut.

Berita ketertarikan St Pauli kepada Ramadhan Sananta berasal dari Twitter. Menurut @Zwulfulf, akun Twitter yang berbahasa Jerman, menyebut klub 2.Bundesliga itu memang sedang mengamati Ramadhan Sananta.

Munculnya kabar ini tidak terlepas dari performa menawan Sananta bersama Juku Eja. Musim ini ia sudah mencetak 5 gol dari 8 penampilannya di Liga 1.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari PSM Makassar atau agen Ramadhan Sananta. Namun, sang pemain memang masih terikat kontrak bersama klub asal Sulawesi Selatan itu.

Namun ada beberapa alasan yang membuat Sananta sebaiknya menerima tawaran bermain di FC St. Pauli jika diberi kesempatan.

1.  Tambah Pengalaman dan Kemampuan

Dengan bermain di Eropa, tentunya level permainan Sananta berpotensi semakin meningkat. Kompetisi yang lebih ketat dan klub yang lebih profesional dari segala aspek, akan memberi dampak positif bagi karier Sananta.

Bermain di Eropa juga akan menambah pengalaman Sananta yang tentunya akan bermanfaat untuknya di masa depan atau ke Timnas Indonesia.

Terlebih, saat ini usianya masih 20 tahun sehingga masih punya banyak waktu untuk mengambil pengalaman bermain sebanyak-banyaknya.

2. Motivasi Pemain Lain

Kepergian Ramadhan Sananta ke Jerman bakal menjadi berita yang ramai diperbincangkan. Jika ia bermain di Eropa, maka itu bisa menjadi dorongan motivasi untuk pemain Indonesia lainnya.

Dengan begitu, akan semakin banyak pemain Indonesia yang tak ragu untuk mengambil kesempatan bermain di klub-klub luar negeri.

Kondisi tersebut tentunya akan sangat bagus untuk memajukan sepak bola Indonesia, khususnya untuk peningkatan kualitas Timnas Indonesia.

3. Koneksi Lebih Luas

Bermain di Eropa khususnya di Jerman akan membuka koneksi Ramadhan Sananta lebih luas ke klub-klub Eropa lainnya. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan buat Sananta di kemudian hari.

Jika ia mampu menunjukkan kemampuannya di Jerman, bukan tidak mungkin akan datang tawaran dari klub-klub Eropa lainnya yang bakal menaikkan kualitas permainan Sananta.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha