Muhammad Ilham Baktora
Manajer Timnas Thailand Nualphan Lamsam atau Madam Pang. (Instagram/@panglamsam)

Gol.bolatimes.com - Kemenangan Thailand vs Vietnam, 1-0 di leg kedua final Piala AFF 2022, mengantarkan skuad Gajah Perang sebagai juara di edisi kali ini. Menang di kompetisi bergengsi se-Asia Tenggara, tak membuat puas Manajer Timnas Thailand.

Ya, Madam Pang, Manajer Timnas Thailand, memiliki ambisi besar agar Thailand lolos ke Piala Dunia 2026. Hal itu mengingat performa asuhan Alexandre Polking kian meningkat di sejumlah kompetisi yang mereka ikuti.

"Kemenangan ini adalah momen yang ingin dilihat semua orang. Kami telah memenangkan trofi ini 7 kali. Memang tidak bisa disebut hadiah tahun baru, tapi bisa dibilang ini hadiah Hari Anak [di Thailand]," terang Madam Pang dilansri dari Matichon, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga:
Tak Mau Kalah di Laga Kandang, Madam Pang Lagi-lagi Suntik Semangat Pemain Thailand dengan Bonus

Bermain sangat baik di Piala AFF 2022, Madam Pang juga yakin Teerasil Dangda dkk mampu berlaga di ajang yang lebih tinggi. Harapannya bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

"Saya juga ingin sekali membawa sepakbola [Thailand] ke Piala Dunia," ungkapnya.

Kesempatan Thailand naik level ke Piala Dunia 2026 memang cukup lebar. Mengingat FIFA telah menambah kuotan tim dari Benua Asia yang sebelumnya 7 menjadi 8 tim.

Baca Juga:
Disebut Minat Boyong Marselino Ferdinan ke Thailand, Klub Milik Madam Pang sudah Ancang-ancang

Mengulas sedikit penyelenggaraan Piala Dunia 2026, ajang bergengsi tingkat dunia ini akan diikuti 48 tim dari seluruh negara dengan federasi sepak bolanya.

Nantinya, Piala Dunia 2026 akan dihelat di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Untuk jadwal penyelenggaraan diperkirakan mauli 3 Juni-8 Juli 2026.

Meski masih cukup lama, kekuatan Thailand di Asia Tenggara tidak diragukan. Skuad Gajah Perang juga bisa disebut tim terkuat di gelaran Piala AFF.

Baca Juga:
Madam Pang Akui Thailand Tak Sekuat Dulu, Berkah untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?

Namun selama Thailand berlaga di edisi kali ini satu-satunya tim yang tak bisa mereka kalahkan hanya Indonesia. Saat itu pertandingan berakhir dengan skor 1-1 di babak penyisihan grup Piala AFF 2022. Meski keduanya bermain imbang, Thailand dan Indonesia bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022.