Husna Rahmayunita
Bek Thailand Theerathon Bunmathan jebol gawang Vietnam di final Piala AFF 2022. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

Gol.bolatimes.com - Bintang Timnas Thailand Theerathon Bunmathan berharap Piala AFF edisi selanjutnya menerapkan teknologi video assistant referee (VAR).

Theerathon Bunmathan menilai ajang sekelas Piala AFF memerlukan VAR agar pertandingan dapat lebih terawasi sekaligus mencegah tindakan tak sportif yang memicu keributan antarpemain di lapangan.

"Yang penting saya ingin Piala AFF menerapkan VAR. Semua tim yang berpartisipasi adalah tetangga dan saya harap kita tumbuh bersama. Jangan membuat kesalahan atau saling melukai di lapangan," ujarnya dikutip dari Zingnews, Selasa (17/1/2023).

Sosok Theerathon Bunmathan dielu-elukan setelah menjadi aktor utama di balik kemenangan Thailand atas Vietnam di final Piala AFF 2022.

Thailand mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga leg kedua final yang digelar di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Senin (16/1) malam.

Gol tunggal Tim Gajah Perang disumbangkan oleh Theerathon Bunmathan pada menit ke-24. Pemain Buriram FC itu mencetak gol indah dengan memanfaatkan umpan Adisak Kraison.

Thailand menang agregat 3-2 atas Vietnam setelah di leg pertama bermain imbang 2-2 di Stadion My Dinh.

Theerathon Bunmathan pun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF 2022 berkat performa apiknya sepanjang turnamen.

"Terima kasih atas dukungan para penggemar. Dorongan Anda membantu kami mencapai tujuan kami. Saya tidak pernah berharap diri saya memenangkan penghargaan individu,"

"Terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara karena memberi saya penghargaan sebagai pemain terbaik. Saya ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk rekan setim saya. Tanpa bantuan mereka, saya tidak akan bisa naik podium," kata pemain berusia 32 tahun tersebut.