Galih Prasetyo
Potret pemain Timnas Israel U-19 saat tampil di Euro U-19 2022. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Salah satu tim yang bakal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia ialah Israel. Tim besutan Ofir Haim ini menjadi satu dari lima wakil UEFA yang berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Israel menjadi tim debutan di Piala Dunia U-20 2023. Meski baru pertama kali tampil, Israel sudah tidak sabar untuk bermain di Indonesia.

Ada keyakinan besar di publik dan media Israel bahwa pasukan Ofir Haim bakal membuat gebrakan di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Profil Ahmad Atef Daraghma, Pesepakbola Palestina yang Tewas Ditembak Tentara Israel saat Berkunjung ke Makam

Meski begitu, masih ada rasa kekhawatiran soal keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-23 2023. Salah satu media lokal di sana menyebut soal pandangan anti-Israel publik Indonesia.

"Mengingat sejarah panjang antisemit dan pandangan anti-Israel di Indonesia, hal ini jelas akan menimbulkan sejumlah tantangan logistik dan diplomasi," tulis algemeiner.com

"Namun diharapkan tidak ada hal besar yang dialami pemain Israel dan mungkin itu bisa mengarah pada diplomasi berbasi olahraga," lanjut media lokal Israel tersebut.

Baca Juga:
Profil Michael Mulder, Pemain Israel yang Soroti Naturalisasi Rafael Struick ke Timnas Indonesia

Keberhasilan Israel untuk pertama kali tampil di Piala Dunia U-20 2023 mendapat pujian tersendiri dari federasi sepak bola Eropa, UEFA.

Menurut pihak UEFA, keberhasilan ini tak lepas dari bagaimana PSSI-nya Israel membangun tim sepak bola muda dengan fokus pada pemain muda.

"Sejak 2019, Asosiasi Sepak Bola Israel telah menjadi salah satu tiga asosiasi yang mendapat dukungan UEFA untuk menjalankan dan mengembangkan akademi pemain muda," tulis laporan UEFA.

Baca Juga:
Kisah Israel, Negara Asia yang Tinggalkan AFC karena Banyak Diboikot

"Mundur ke Juli 2022, dan tim Israel U-19 menghadapi Inggris di final EURO U-19 2022 adalah bukti bahwa skema dari program tersebut berhasil,"

Sementara itu, pelatih Israel U-19, Ofir Haim tegaskan bahwa sejarah yang diciptakan anak asuhnya di 2022, ingin kembali diulang pada 2023.

"Itu berarti kami telah melakukan sesuatu yang hebat. Itu adalah momen bersejarah. Kami memainkan sepak bola yang luar biasa," ungkapnya.

Baca Juga:
Jamu Klub Israel di Liga Champions, Suporter PSG Bentangkan Bendera Palestina