Galih Prasetyo
Skuat Brasil U-20 di Piala Dunia U-20 2011 (fifa.com)

Gol.bolatimes.com - Brasil menjadi salah satu kandidat kuat untuk bisa menjadi juara di Piala Dunia U-20 Indonesia. Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Menurut mantan pelatih Brasil U-20, Ney Franco, skuat Brasil di tahun ini memiliki kans cukup besar untuk bisa menjadi juara di Indonesia.

"Brasil pasti salah satu dari lima pesaing teratas. Saya tidak berpikir ada jaminan untuk tim mana pun di Piala Dunia ini bahwa mereka bisa mencapai final. Tetapi Selecao memiliki staf pelatih yang jauh lebih berpengalaman dengan pemain yang sudah cukup dikenal dan memiliki jiwa kepemimpinan," ucap Franco seperti dilansir dari laman resmi FIFA.

Baca Juga:
Claudio Cassano Bakal Main di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Ada Hubungan dengan Antonio Cassano?

"Persiapan Brasil juga berbeda, mungkin karena turnamen sekarang berlangsung di awal tahun dan karena kondisi di dalam negeri. Pastinya banyak keuntungan yang didapat (Brasil)," tambahnya.

Pada tahun ini, Brasil U-20 dilatih oleh Ramon Menezes, mantan gelandang Bayer Leverkusend an Vasco Da Gama. Target juara memang diusung oleh para pemain muda Brasil.

Ney Franco jadi pelatih terakhir yang mempersembahkan gelar Piala Dunia U-20 pada 2011. Setelah juara di Peru 2011, Brasil U-20 di empat edisi setelahnya hanya mampu menjadi juara ketiga, bahkan pada edisi 2013, mereka tereliminasi di babak fase grup.

Baca Juga:
Israel Sudah Tak Sabar Main di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Siap Cetak Sejarah Baru

Saat juara Piala Dunia U-20 edisi 2011, Brasil saat itu diperkuat pemain yang saat ini jadi bintang seperti Casemiro, Philippe Coutinho, Danilo serta Oscar.

Menurut Franco, ia membawa skuat terbaik di Peru 2011, meski tidak bisa dibilang sebagai generasi emas Brasil.

"Jika bukan yang terbaik, itu pasti salah satu yang terbaik. Generasi itu telah memenangkan gelar, Piala Dunia dan Copa America dan menghasilkan banyak pemain bagus," kata Franco.

Baca Juga:
Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong akan Gelar TC Mulai 1 Februari

"Sebagian besar pemain itu saat ini bermain di klub yang tidak hanya berada di puncak sepak bola Brasil, tapi juga puncak dunia," ungkap Franco.