Rauhanda Riyantama
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Gol.bolatimes.com - Satu kisah seorang legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas yang ternyata pernah membobol gawang klub raksasa Bundesliga, Bayern Munich.

Sosok yang akrab disapa Bepe itu diketahui memang banyak menghabikan karier di dalam negeri bersama Persija Jakarta.

Namun namaya tersohor di ASEAN, hingga di kancah Eropa saat sedikit merasakan kompetisi kasta ketiga Liga Belanda.

Baca Juga:
Gagal Dapat Mykhailo Mudryk, Arsenal Rekrut Penyerang Belgia Seharga Rp503 Miliar

Selama satu musim Bepe memperkuat EHC Norad, sebelum pulang ke rumpunnya sendiri tetapi bermain untuk klub negeri tetangga, Selangor FC.

Kiprah striker bernomor punggung 20 ini melesat, namanya dielu-elukan seantero Malaysia lewat kualitasnya menjebol gawang lawan.

Di level tim nasional, Bepe sudah pasti merupakan langganan skuad Garuda dengan posisinya sebagai striker murni.

Baca Juga:
Elkan Baggott Gabung, Pelatih Cheltenham Town FC Beri Pujian Selangit

Bahkan klub raksasa Jerman, Bayern Munich dengan Oliver Kahn sebagai penjaga gawangnya pernah dibuat gigit jari dengan aksi Bepe.

Kejadian ini terjadi pada 21 Mei 2008, tepatnya saat Bayern Munich menjalani tur Asia dan Indonesia jadi salah satu target tujuannya.

Pertadingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, berakhir dengan skor 1-5 untuk kemenangan The Bavarian.

Baca Juga:
Hancurnya Karier Dani Alves di Klub Meksiko Puma, Dipecat Akibat Lakukan Dugaan Pelecehan Seksual

Satu-satunya gol Indonesia tercipta lewat aksi Bepe, sukses mengelabui dua pemain lawan, hingga menaklukan Oliver Kahn dalam duel satu lawan satu.

Meskipun bukan momen itu awal terjadinya gol Timnas Indonesia, akselerasi Bepe mampu ditahan Kahn yang mencegah terjadinya gol.

Gol timnas Indonesia kala itu tercipta setelah Kahn ditarik keluar dan digantikan oleh Michael Rensing, tak lama setelah itu Bepe sukses merobek gawang FC Hollywood.

Baca Juga:
Cetak Gol Kemenangan, Justin Hubner Bawa Wolves U-21 Juara Grup Premier League Cup

Meski menelan kekalahan, pengalaman bermain melawan klub besar Eropa seharusnya mampu menjadikan permainan timnas Indonesia semakin lebih baik.

Pun demikian dengan saat ini, banyaknya uji coba dengan tim-tim Eropa belum membuahkan hasil yang signifikan bagi prestasi timnas.

Kontributor: Eko