Husna Rahmayunita
Arsip - Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo memantau pemainnya berlatih menjelang laga semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.

Gol.bolatimes.com - Park Hang-seo bakal meninggalkan jabatan sebagai pelatih kepala Timnas Vietnam. Dia menyinggung nama juru taktik asal Belanda Guus Hiddink jelang pamit..

Kontrak Park Hang-seo di Vietnam berakhir pada 31 Januari 2023. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) diklaim telah menemukan pengganti juru taktik asal Korea Selatan tersebut tak lama setelah gagal menjuarai Piala AFF 2022.

Setelah kurang lebih lima tahun mengabdi, Park Hang-seo akan melepaskan jabatannya. Dia mengaku ingin dikenang sebagai pelatih yang baik, bukan pahlawan.

"Saya tidak menganggap diri saya pahlawan, tapi hanya seorang pelatih biasa," kata Park Hang Seo kepada YTN dikutip dari Soha.vn, Minggu (22/1/2023).

Park Hang-seo mengaku dirinya sempat berpikir tak akan bertahan lama di Vietnam. Dia juga mengungkap kunci sukses melatih skuad The Golden Star Warriors.

"Ketika saya datang ke sini (Vietnam), saya pikir saya hanya akan bertahan setahun, tetapi lima tahun telah berlalu. Saya telah berusaha memenuhi tanggung jawab dan kewajiban saya sebagai orang Korea,""

"Keterbukaan kepada pemain adalah kuncinya. Fondasi kepercayaan. Saya juga punya asisten Lee Young-jin, Park Sung-gyun dan Choi Ju-young yang telah melakukan yang terbaik dalam peran mereka," ungkap pelatih berusia 65 tahun teersebut.

Di Korea, Park Hang-seo kerap dibanding-badingkan dengan Guus Hiddink. Mengingat keduanya pernah bekerja sama mengomando Timnas Korea Selatan.

Park Hang-seo merupakan asisten pelatih Guus Hiddink yang berhasil mengantarkan Timnas Korea Selatan menembus final Piala Dunia 2002.

Walau begitu, Park Hang-seo menegaskan bila dirinya berbeda dengan Guus Hiddink. Dia tak ingin membadingkan dirinya dengan pelatih lain.

"Saya tidak bisa membandingkan diri saya dengan Hiddink. Orang-orang hanya memanggil saya Park Hang Seo. Saya tidak pernah terlalu memikirkan nama saya. Dari lubuk hati, saya hanya ingin dikenang oleh orang Vietnam sebagai Tuan Park Hang Seo daro Korea ," pungkasnya.